thumbnail

Yuk Perhatikan Adab Ketika Menyembelih Hewan Qurban

12 Juli 2022

8 Ide Olahan Daging Kurban Saat Hari Raya Idul Adha

Foto: rakaminstudent.com

Dalam berkurban, adab menyembelih hewan sangatlah penting diperhatikan. Sehingga menghindari menyakiti hewan kurban terlalu lama dan perasaan stres dan mengamuknya hewan kurban tersebut. Untuk itu, inilah 6 adab menyembelih hewan kurban Idul Adha sesuai syariat Islam:


1. Berdoa

Dalam melakukan apa pun, tentu saja sebaiknya didahului dengan doa kepada Allah Ta'ala. Semoga Allah Ta'ala menerima niat ibadah kita berkurban di momen Idul Adha.


2. Gunakan pisau tajam

Untitled

Foto: cendikia.kemenag.go.id

Menggunakan pisau yang tajam menjadi salah satu adab menyembelih hewan kurban Idul Adha yang sangat penting. Tujuannya agar hewan kurban tidak merasakan sakit yang lama. Karena jika menggunakan pisau yang tumpul, urat nadi hewan yang tidak langsung terputus akan membuat hewan merasakan sakit yang lebih lama.


"Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan (baik) dalam segala hal. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya" (HR. Muslim)


3. Hindari mengasah pisau di depan hewan kurban

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengasah pisau tanpa memperlihatkannya kepada hewan" (HR. Ahmad, Ibnu Majah).

Tidak hanya manusia, hewan juga memiliki perasaan. Maka sebaiknya hindari mengasah pisau di depan hewan yang akan disembelih. Karena dapat membuat hewan berpikir  ada ancaman, sehingga hewan akan mengamuk. Dalam hadist, Rasulullah pernah menegur seseorang yang mengasah pisau di depan hewan sembelihan. Nabi Muhammad bersabda:

"Mengapa engkau tidak menajamkannya sebelumnya? Apakah engkau membuatnya mati dua kali?" (Hadis Riwayat Ath-Thabrani).


4. Posisi penyembelihan menghadap kiblat dan menyentuh tanah

Syarat Halalnya Sembelihan Hewan Kurban - Madaninews.id

Foto: madaninews.id

Agar mudah dilakukan, sebaiknya menyembelih hewan kurban dengan menyentuh tanah. Namun, perlu diketahui bahwa yang menghadap kiblat boleh saja hanya bagian leher hewan yang akan disembelih. Dalam artian, tidak masalah jika badan hewan kurban selain leher, menghadap ke arah yang lain.

Kemudian, saat membaringkan hewan, posisikan di lambung sebelah kiri, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam An-Nawawi dalam Mausu'ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21:197.

Dengan posisi itu, memudahkan penyembelih memotong hewan dengan tangan kanan, seraya memegang leher dengan tangan kiri. 


5. Sebut kalimat Allah saat menyembelih

Hendaknya sebelum menyembelih hewan kurban, maka menyebut kalimat Allah, yaitu basmalah dan niat atas nama Allah. Sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam surat Al-An'Am ayat 121:

"Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik"

Kemudian setelah membaca basmalah, lanjutkan dengan lafadz kalimat takbir serta nama orang yang berkurban. Dan yang perlu diingat, bahwa selama pelaksanaan kurban, tidak boleh membaca bacaan lain selain kalimat yang memang hanya ditujukan kepada Allah Ta'ala.

"Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, bahwa suatu ketika didatangkan seekor domba. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih dengan tangan beliau. Ketika menyembelih, beliau mengucapkan, 'bismillah wallaahu akbar, ini kurban atas namaku dan atas nama orang yang tidak berkurban dari umatku.'" (HR. Abu Daud, At-Turmudzi dan disahihkan Al-Albani).


6. Tata cara kurban saat selesai penyembelihan

Penyembelihan hewan kurban harus diselesaikan dengan cepat, agar hewan kurban Idul Adha tidak merasakan sakit yang lama. Setelah menyembelih, tentu haruslah memastikan bagian tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat leher kanan dan kiri hewan kurban telah terpotong sempurna. Kemudian, perlu diingat juga bahwa dilarang mematahkan leher hewan kurban yang belum benar-benar mati.  Wallahu a’lam.

Referensi: adab menyembelih hewan kurban idul adha


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :