thumbnail

Yuk, Lakukan Olahraga ala Rasulullah!

01 September 2022

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Karena dengan berolahraga, akan terbentuk imunitas tubuh yang kuat terhadap berbagai macam penyakit. Saat ini, terdapat berbagai macam olahraga mulai dari olahraga yang ringan seperti berlari hingga olahraga yang tergolong ekstrim. Tapi tahukah kamu, bahwa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam menganjurkan kita untuk melakukan 3 jenis olahraga, yaitu memanah, berkuda dan berenang. Mengapa 3 olahraga ini dianjurkan, yuk simal ulasan berikut.

1. Memanah

7 Manfaat Olahraga Panahan untuk Tubuh, Bantu Latih Koordinasi dan  Kesabaran | merdeka.com

Photo: Merdeka.com

Memanah merupakan salah satu olahraga yang telah dimainkan sejak lama. Tujuan dari olaharag ini adalah memanah target sasaran dengan mengkoordinasikan grak tubuh. Olahraga bahkan sudah dilakukan sejak zaman batu atau pada 20 ribu tahun SM. Rasulullah Shallhu Alaihi Wassalam sendiri juga merupakan seorang pemanah. Beliau memiliki 3 buah busur. Manfaat memanah bagi kesehatan tubuh antara lain meningkatkan korrdinasi mata dan tangan, menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan fokus dan konsentrasi, membangun kekuatan tubuh, membakar kalori, membantu relaksasi, melatih kesabaran serta meningkatka kepercayaan diri.

2. Berkuda

Pasukan Niqab' Indonesia berlatih menunggang kuda dan memanah - BBC News  Indonesia

Photo: BBC

Pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam berkuda merupakan kemahiran dasar yang harus dimiliki oleh setiap pria. Karena selain dilakukan untuk berburu, kemampuan berkuda juga merupakn penopang penting dalam berperang, mengingat pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam peperangan masih sering terjadi. Manfaat berkuda bagi kesehatan tubuh antara lain mengatasi kram pada otot, memperkuat otot, meningkatkan refleks tubuh, memperkuat tulang sendi, memperlancar sirkulasi darah,  mengurangi penyakit kardiovaskular, mengurangi resiko penyakit jantung, menyehatkan penglihatan mata, meningkatkan rasa sabar, meningkatkan rasa tanggung jawab serta meningkatkan rasa disiplin.

3. Berenang

Nilai dan Manfaat dalam Olahraga Renang Halaman all - Kompas.com

Photo:  Kompas.Com

Selain memanah dan berkuda, Rasullullah Shallahu Alaihi Wassalam juga menyerukan umat Islam untuk memiliki kemampuan berenang yang baik. Karena selain memerlukan kemampuan fisik yang baik, berenang juga dapat melatih intelektualitas pelakunya. Pada masa kejayaan Islam (750-1924 M), kekuatan utama prajurit-prajurit Islam tertumpu pada kemampuan berkuda, memanah, dan berenang yang sangat baik. Beberapa manfaat berenang bagi tubuh antara lain menjaga berat badan agar tetap ideal, membentuk dan menguatkan ototo-otot tubuh, menjaga kesehatan jantung, menambah tinggi badan serta membuat tubuh menjadi rileks.

Sumber: Berolahraga


Assalamu'alaykum Sobat ğŸ™ŒğŸ™ŒMuslimlife ğŸ™ŒğŸ™ŒğŸ¼

Yuk beralih ke dompet digital Muslimlife Payment y yang ekosistemnya FULL SYARIAH dan GRATIS biaya top-up saldo.

Ikutin video tutorial proses registrasi, top-up/isi saldo dan melakukan transaksi menggunakan Muslimlife Pay di atas atau dengan cara klik link video tutorial akses Muslimlife Pay

Top-upnya Gratis, Ekosistemnya Syariah Lagi!

Fix, Muslimlife Pay Idaman Banget!


Ada saran & keresahan? â˜Žï¸Hubungi Admin: 0813-6261-8258

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu 


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :