thumbnail

Yuk Kenalan Dengan Maroko, Negara Muslim Pertama Yang Lolos Ke Semifinal Piala Dunia

14 Desember 2022

Siapa yang tidak terkesima dengan penampilan luar biasa dari tim Maroko di Piala Dunia kali ini. Banyak negara-negara besar yang telah dilewati oleh Maroko. Manahan imbang Kroasia, mengalahkan Kanada, Belgia, Spanyol dan Portugal dangan bintangnya Critiano Ronaldo. Keberhasilan ini membawa tim yang berjuluk “The Atlas Lion” ini melaju hingga ke babak semifinal dan akan menantang sang juara bertahan, Prancis. Sebelum piala dunia 2022 ini berlangsung, mungkin tidak banyak yang mengenal negara Maroko. Nah kira-kira fakta-fakta apa sajakah yang ada di Maroko? Yuk simak ulasan berikut!


1. Dikenal Sebagai Negara Maghrib

6 Fakta Menarik Maroko, Dijuluki Sebagai Negeri Maghribi - Lifestyle  Liputan6.com

Photo: Liputan6

Maroko juga dikenal sebagai negeri maghrib atau “Al-Maghribi” yang memiliki arti negeri dari Barat. Hal ini tidak terlepas dari posisi geografisnya yang berada di ujung barat afrika. Nama maroko yang dikenal saat ini berasal dari Bahasa Persia, “Marrakech” yang berarti tanah tuan.


2. Negara Monarki

Maroko Berubah Jadi Monarki Konstitusional - Global Liputan6.com

Photo: Liputan6

Maroko merupakan satu-satunya negara monarki di kawasan Afrika Utara. Raja Maroko memegang kekuasaan eksekutif dan legislatif, serta komandan tertinggi militer, kebijakan luar negeri, dan urusan agama. Adapun kekuasaan eksekutif dijalankan oleh pemerintah, untuk kekuasaan legislatif dipegang pemerintah dan dua lembaga parlemen, Majelis Perwakilan Rakyat dan Majelis Anggota Dewan.


3. Melahirkan 6 Tarekat

Syahdu, Sehari Bersama Para Sufi di Maroko

Photo: detikNews

Maroko adalah wilayah yang melahirkan 6 tarekat besar dalam Islam. Tarekat adalah istilah untuk aliran-aliran dalam ajaran sufisme Islam atau tasawuf. Tarekat-terekat tersebut yaitu, Tarekat Tijaniyah, Tarekat Aissawiyah, Tarekat Syadzilliyah, Tarekat Boudsyisyiyiyah, Tarekat Al-Badawiyah, dan Tarekat Khalwatiyah. Maroko juga banyak melahirkan ulama-ulama besar tasawuf,  sehingga maroko dikenal sebagai “Bumi Para Wali”.


4. Pusat Pendidikan Islam

Beasiswa Kuliah di Maroko Tahun 2022 Dibuka, Cek Jadwal dan Persyaratannya

Photo: NU Online

Maroko memiliki banyak lembaga-lembaga pendidikan Islam, sehingga menjadi salah satu tujuan muslim untuk menuntut Ilmu. Beberapa yang terkenal dan bersejarah antara lain Universitas Hasan II Casablanca, Universitas Muhammad V Rabat, Institut Dar Al-Hadist Al-Hassaniyah, dan Universitas Quarauiyine (Al Warawiyyin) yang merupan universitas tertua di Maroko yang dibangun oleh Fatimah Al-Fahriyah. Banyak cendikiawan muslim yang lahir dari lembaga pendidikan di Maroko.


5. Memiliki Akar Budaya Yang Beragam

Gnawa, Legasi Musik Sufistik dari Maroko | Republika Online

Photo: NU Online

Akibat dari letak geografis yang berada di perbatasan afrika dan eropa serta memiliki gurun sahara yang sangat luas serta memiliki sejarah yang sangat panjang, Maroko memiliki akar budaya yang sangat beragam. Negara ini memiliki campuran budaya Arab, Eropa dan Berber. Maroko dihuni oleh mayoritas Muslim (99%), serta Kristen dan Yahudi (1%). Maroko mengadopsi tiga hukum yaitu hukum Syariah, Prancis dan Spayol. Mayoritas muslim Maroko adalah Sunni berpaham Ahlussunnah wal Jamaah.

Sumber: Maroko


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :