thumbnail

Yuk Awali Seninmu Dengan Berdoa!

29 Agustus 2022

Udah masuk hari senin lagi nih. Bagaimana semangatnya untuk hari senin. Banyak dari kita yang mungkin kurang semangat dalam menghadapi hari senin. Padahal hari senin merupakan hari pertama dalam kita menjalani rutinitas pekerjaan setiap minggunya. Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya mengatakan dalam bekerja kita harus memiliki keikhlasan serta harus memegang amanah dan totalitas. Ini merupakan ciri khas umat Muslim dalam bekerja dnegan tetap menjaga etos kerjanya. Dalam menjalankan setiap rutinitas pekerjaan, Allah Ta’ala mengajarkan kepada kita untuk berdoa kepadaNya agar setiap rutinitas yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dan kemudahan. Berikut beberapa doa-doa yang bagus diamalkan pada hari senin :

1. Doa Meminta Kelancaran Rejeki

Enam Etika Berdoa Nabi Zakaria Saat Meminta Keturunan ...

Photo : republika

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Artinya :

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”(HR. Tirmidzi)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”


2. Doa Meminta Kemudahan Dalam Bekerja

للّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Artinya :

“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”


3. Doa Meminta Kelapangan Aktivitas Baru

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

Artinya :

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

Doa-doa tadi dapat diamalkan setiap selesai mengerjakan shalat shubuh dan setiap mengerjakan shalat sunnah dhuha. Berdoa merupakan bentuk kita mengakui kebesaran Allah Ta’ala. Yuk semangat dalam bekerja di hari senin.

Sumber : Doa Senin


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :