thumbnail

Yeay Waktunya Liburan. Jangan Lupa Baca Doa Ini Ya!

03 September 2022

Yeay akhirnya weekend lagi. Duuhh enaknya mau liburan kemana ya? Pergi ke gunung, pantai, ke mall, atau milih staycation di hotel? Apapun pilihannya tentunya bakalan seru. Liburan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mengalihkan pikiran sejenak dari beban pekerjaan. Banyak orang yang memanfaatkan waktu libur di akhir pekan untuk berlibur.

Libur Akhir Tahun Tiba, Inilah Cara Mengisi Liburan Secara Islami! - Cahaya  Islam

Photo :  Cahaya Islam

Islam mengajarkan agar orang Islam selalu berdoa dalam menjalankan apa saja. Sebab, doa akan membawakan aura positif dalam diri kita. Dengan doa, kita juga akan terjaga dari hal-hal negatif. Nah agar liburan semakin nyaman dan diberikan kemudahan, jangan lupa baca doa liburan. Berikut doa yang dapat diamalkan ketika sedang berlibur :

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya :

“Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR Muslim).

Dikatakan dalam sebuah riwayat lainnya, Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam, apabila mengendarai kendaraannya yaitu seokar unta, Ia mengumandangkan doa tadi sebanyak tiga kali kemudian membaca doa:

سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ وَاِنَّآ اِلٰى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya :

"Maha Suci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami." (QS. Az Zukhruf: 13-14).

Yuk, amalkan doa-dao tadi saat akan dan sedang melakukan liburan atau perjalanan jauh. Insya Allah kita akan selamat sampai tujuan dan selalu berada dalam lindungan Allah Ta’ala.

Sumber : Doa Liburan


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :