thumbnail

Yakin Uda Tau? Berikut 5 Negara dengan Jumlah Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

22 Juni 2022

Jumlah Populasi Muslim Dunia

Foto: mediaindonesia.com

Sejak agama Islam disyiarkan di muka bumi, jumlah pemeluk agama Islam setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena untuk memeluk agama Islam tidaklah susah dan juga ajaran yang disyiarkan merupakan ajaran yang memiliki banyak kebaikan. Menurut World Population Review, Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia. Sekitar 1,9 miliar orang memeluk agama Islam. Beberapa negara bahkan hampir 50% penduduknya beragama Islam. Agama Islam tersebar di seluruh bagian dunia, namun secara jumlah populasi agama Islam mendominasi di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat dan Afrika Utara. Berikut adalah negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia.

1. Indonesia

Negara Ini Diprediksi Akan Geser Indonesia Sebagai Negara Muslim Terbanyak  - RADAR DEPOK

Foto: radardepok.com

Negara kita merupakan negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia. Persentase jumlah penduduk muslim di Indonesia tercatat sebesar 84% atau sekitar 229 juta jiwa. Sebagian besar muslim di Indonesia itu adalah penganut Sunni, sedangkan penganut Syiah sebanyak 0,43%. Namun walaupun agama Islam di Indonesia merupakan agama mayoritas, tidak menjadikan Indonesia menjadi negara dengan konstitusi Islam. Menurut teori yang diyakini, awal mulanya agama Islam bisa masuk ke Indonesia karena adanya hubungan dagang internasional. Agama Islam dibawa masuk oleh para pedagang muslim dan mubaligh secara damai. Akibat hubungan tersebut kemudian terbentuklah kerajaan-kerajaan muslim yang juga diikuti oleh penduduknya. Lama kelamaan jumlah penduduk yang memeluk agama Islam semakin banyak hingga saat ini.


2. Pakistan

Pekerja Sosial Temukan Nilai-Nilai Islam di Pakistan | Republika Online

Foto: republika.co.id

Pakistan menjadi negara dengan populasi penduduk muslim terbesar kedua di dunia dengan persentase sebesar 92% atau sekitar 202 juta jiwa.  Pakistan merupakan negara Republik Islam. Agama Islam di Pakistan muncul pada abad ke 7 Masehi. Ketika itu, masyarakat muslim berdagang di pesisir Arab. Umat muslim di Pakistan sebagian merupakan penganut Sunni bermazhab Hanafi sebanyak 80% dan penganut Syiah sebanyak 20%. Jumlah umat Muslim yang besar di Pakistan juga tidak terlepas dari sejarah awal terbentuknya negara ini. Pakistan sengaja didesain sebagai negara yang diperentukkan untuk umat Muslim bekas jajahan Inggris di India.


3. India

5 Negara Bagian di India dengan Penduduk Mayoritas Muslim

Foto: international.sindonews.com

Seperti negara tetangganya, India juga memiliki jumlah umat Muslim yang besar di dunia. Penduduk India yang menganut agama Islam tercatat sekitar 14% dari total populasi, atau 195 juta. Agama Islam merupakan agama terbesar kedua di India setelah agama Hindu. Mayoritas pemeluk agama Islam di India adalah Islam Sunni dengan mazhab Hanafi. Sebagian besar penduduk Muslim India berasal dari masyarakat lokal yang  memiliki gen dari luar, terutama dari Iran dan Asia Tengah, dan bukan berasal dari Semenanjung Arab. Pengadilan India telah memutuskan bahwa Syariah atau hukum Islam, memiliki keunggulan untuk muslim di atas hukum sipil India. Mayoritas Muslim India adalah Islam Sunni bermazhab Hanafi.


4. Bangladesh

FOTO: Bangladesh Rayakan 50 Tahun Kemenangan atas Pakistan - Global  Liputan6.com

Foto: liputan6.com

Sama seperti Pakistan dan India, Bangladesh pada awalnya merupakan bagian dari jajahan kekaisaran Inggris di Asia Selatan. Pasca kemerdekaan India dan pemisahan masyarakat India berdasarkan agama yang dilakukan oleh Inggris, Bangladesh menjadi bagian dari negara Pakistan yang awalnya dikenal sebagai Pakistan Timur. Perbedaan politik, bahasa, dan ekonomi menimbulkan perpecahan antara Pakistan Barat dan Timur, yang berujung pada meletusnya perang kemerdekaan tahun 1971 dan pendirian negara Bangladesh. Persentases muslim di Bangladesh sebesar 93% dari total jumlah penduduk atau sekitar 153 juta orang yang menjadikan agama Islam menjadi agama terbesar di negara ini. Mayoritas Muslim di Bangladesh adalah Islam Sunni dengan mazhab Hanafi. Islam datang ke wilayah Bangladesh atau yang juga dikenal dengan nama Benggala ini sejak abad ke-13, terutama oleh pedagang pedatang dari Arab, Persia. Salah satu tokoh terkenal  adalah Shah Jalal. Dia tiba di wilayah Sylhet di 1303 dengan murid lain untuk berkhotbah agama kepada rakyat.


5. Nigeria

Lebaran di Nigeria, Umat Islam Saling Sapa 'Barkah da Sallah' - Aktual.com

Foto: aktual.com

Urutan kelima dalam daftar negara dengan jumlah muslim terbanyak datang dari negara Afrika, Nigeria. Persentase penduduk muslim di Nigeria adalah sebesar 53% atau sekitar 109 juta orang. Nigeria juga menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di benua Afrika dengan mayoritas muslim merupakan Islam Sunni bermazhab Maliki. Islam datang ke Nigeria Utara pada awal abad ke-9 Masehi, dan diterima di Kekaisaran Kanem-Bornu pada masa pemerintahan Humme Jilmi. Islam telah menyebar ke kota-kota besar dari bagian utara Nigeria pada abad ke-16, kemudian pindah ke pedesaan dan menuju dataran tinggi Sabuk Tengah.

Referensi: daftar 5 negara muslim terbesar di dunia                                                                                                                                                                                                                                                         

Sebagai salah satu bahkan nomor 1 dari daftar negara muslim terbesar di dunia, Indonesia patut bersyukur. Rasa syukur tentunya musti dibarengi dengan kualitas setiap muslim tersebut. Harus bisa bersaing bahkan sangat baik jika muslim lebih unggul dari penganut agama lain di bidang apapun. Seperti bidang teknologi yang saat ini dan  kedepannya yang tentunya berpengaruh besar. Untuk itu, yuk mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri, belajar dan semangat meng-upgrade diri💪🏼

Eeetss, jangan lupa... Tentunya kemampuan juga harus dibarengi dengan niat yang baik. Seperti apa sih, sebaiknya umat Islam menyikapi kemajuan teknologi? Simak kajian bagaimana kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk kebaikan bersama Waled NU (Tgk. H. Nuruzzahri) Pimpinan Dayah Ummul Ayman.

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :