thumbnail

Usaha-usaha yang Dianjurkan dalam Islam

31 Agustus 2022

Salah satu cara untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan menjalankan usaha. Dalam menjalankan usaha hendaknya pilih usaha yang dapat memberikan keberkahan dunia dan akhirat serta kemudahan bagi hidup kita dan keluarga. Oleh karena itu dalam memilih usaha sebaiknya jangan asal-asalan dan tetap berada dalam tuntunan Islam. Dalam agama Islam sendiri ada beberapa usaha yang dianjurkan agar bisa membawa berkah. Berikut adalah jenis-jenis usaha yang paling dianjurkan dalam Islam.

1. Berwirausaha

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN : Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha | Salamadian

Foto: Salamadian

Berwirausaha atau berdagang merupakan usaha yang paling dianjurkan didalam Islam. Bahkan Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam merupakan seorang pedagang. Rasullulah merupakan pedagang yang sangat jujur dalam menjajakan barang-barangnya. Hal tersebut dapat menjadi contoh bagi setiap pedagang. Berdagang juga bisa dilakukan dengan cara menjual keterampilan yang dimiliki. Dengan berdagang secara jujur dan ulet seseorang bisa meraih kesuksesan dan rejeki yang berkah.

2. Menyewakan Lahan

Menyewakan lahan merupakan salah satu jenis usaha yang dianjurkan. Lahan yang dapat dianjurkan dapat berupa perkebunan, sawah, ladang, dan lain-lainnya. Sistem yang dapat digunakan adalah dengan sistem bagi hasil. Keuntungan yang didapatkan dari pengelolaan lahan ini bisa dibagikan antara penyewa dengan pemilik lahan.

3. Beternak Hewan

Beternak hewa selain sebagai bentuk usaha juga merupakan bentuk investasi. Karena dari sepasang hewan dapat berkembang menjadi kelompok hewan. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam juga merupakan seorang pengembali kambing di masa mudanya. Beliau juga memiliki puluhan hewan unta. Jika dikonversi ke dalam rupiah di jaman sekarang, satu ekor unta harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Pilihlah hewan ternak yang halal dan bisa bermanfaat bagi manusia. Keuntungan dari beternak hewan diantaranya tidak akan terpengaruh banyak oleh inflasi, menghasilkan keuntungan yang melimpah, serta bisa menjadi ladang investasi yang baik bagi masa depan.

4. Berwirausaha di Bidang Pendidikan

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang mulia. Karena berkat adanya guru, banyak anak-anak yang menjadi cerdas dan dapat menjadi orang-orang hebat di masa depan. Di zaman Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam, para guru dan pengajar mendapat layanan khusus dan tunjangan agar dapat mencukupi kebutuhan mereka. Selain menjadi guru, jika memiliki modal yang cukup kita dapat membangun  yayasan sekolah, tempat pendidikan anak jalanan atau bimbingan belajar.

5. Membuka Travel Haji

Setiap tahunnya banyak umat Islam yang berbondong-bondong dari seluruh dunia untuk pergi haji ke Baitullah di Mekkah. Oleh karena itu, jika kita memiliki usaha travel umroh dan haji, maka hal ini akan sangat berkah karena bisa membantu orang dalam mewujudkan impian ke tanah suci.

6. Investasi Emas

Produk investasi yang dianjurkan dalam Islam adalah investasi menggunakan emas. Emas merupakan patokan investasi yang diperbolehkan dalam Islam. Namun, investasi menggunakan emas bukan merupakan investasi jangka pendek, melainkan investasi jangka Panjang. Berinvestasi menggunakan emas sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah. Emas bisa dibeli melalui pegadaian, ataupun secara online. Jika suatu hari harga emas sudah naik, emas ini bisa dijual kembali dan memberikan banyak keuntungan. Perlu juga diperhatikan bahwa investasi dengan emas memerlukan banyak ketelitian, kesabaran, dan kecermatan.

7. Investasi Properti

Pada masa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam, penggunaan properti sebagai investasi juga sudah cukup sering dilakukan. Bahkan Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam juga pernah menyerahkan ladang di daerah Khaibar agar bisa dikelola oleh orang Yahudi. Beberapa contoh investasi properti antara lain dengan cara menyewakan lahan atau tanah, menyewakan ruko, kos-kosan, rumah, dan lain-lain. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam mengajarkan investasi properti dengan cara diserahkan kepada orang lain. Hasil keuntungan dari investasi ini sebagian bisa diambil untuk pemilik. Sedangkan sebagian lainnya dipakai untuk biaya operasional serta diserahkan kepada pengelolanya.

Sumber: Menjalankan Usaha


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :