thumbnail

The Power of Istighfar

26 Juli 2022

Istighfar Al Fattah Doa Permohonan Ampun dan Rahmat ALLAH SWT, Senjata Umat  di Akhir Zaman

Foto: elangnews.com

Sebagai manusia, tentunya kita tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, manusia sudah sepatutnya meminta maaf kepada Allah Ta’ala atas perbuatan yang telah dilakukan. Dalam Bahasa Arab, Istighfar (إستغفار) memiliki arti tindakan memohon maaf atau meminta keampunan kepada Allah atas apa yang telah dilakukan oleh umat Islam.

Isitighfar dilakukan dengan mengucapkan Astagfirullah (أستغفر الله‎) yang artinya “Aku memohon ampun kepada Allah” merupakan salah satu perbuatan yang sangat dianjurkan oleh umat Islam. Bahkan setelah sholat, seorang Muslim juga dianjurkan untuk mengucapkan istigfar ini sebanyak tiga kali. Adapun beberapa keutamaan membaca Istigfar bagi umat Islam adalah sebagai berikut


1. Mendapatkan kebaikan di dunia

Dengan mengucapkan istighfar secara ikhlas dan tulus, kita telah mengakui bahwa kita merupakan makluk lemah yang tidak lupu dari dosa dan hanya Allah yang mampu memberikan pengampunan. Bahkan Allah Ta’ala juga akan memberikan ganjaran kebaikan di dunia. Dalam Alquran, Allah Ta’ala berfirman:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

“Dan minta ampunlah kalian kepada Robb kalian, dan bertaubatlah. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang sudah ditentukan, dan Dia akan memberikan kepada hambanya yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Hud : 3)


2. Menjadi Sebab Hujan Pembawa Berkah

Hujan merupakan sebuah berkah yang diturunkan Allah kepada manusia. Seorang muslim yang senantiasa mengucap Istighfar akan diberikan keberkahan berupa hujan dan bukan hujan pembawa musibah. Dalam Aquran Allah Ta’ala berfirman:

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

“Dan (dia berkata) : ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Lalu bertaubat lah kepada-Nya, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang deras untukmu.” (QS. Hud : 52)

Keutamaan Istigfar, Terkabulnya Semua Keinginan - Portal Amanah

Foto: portalamanah.com

3. Terkabulnya Doa

Saat berdoa tentunya kita berharap apa yang didoakan atau yang diminta bisa dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Salah satu cara agar doa diterima dan dikabulkan oleh Allah Ta’ala adalah senantiasa mengucapkan istighfar. Hal ini merupakan bentuk kita merendah diri dihadapan Allah Ta’ala yang Maha Tinggi. Dalam Alquran Allah Ta’ala berfirman:

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

“Shaleh berkata: ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya” (QS. Hud : 61)


4. Melimpahnya rezeki

Dalam berjalannya hidup, tentunya saja kita menginginkan limpahan karunia dan rezeki dari Allah Ta’ala. Rezeki tidak hanya berupa uang ataupun harta, tapi juga usia, kesehatan, kemudahan dan sebagainya. Agar mendapatkan keberkahan dan kelimpahan rezeki, maka memohonlah kepada Allah dengan memperbanyak mengucap istighfar. Dalam Alquran Allah Ta’ala berfirman:

ثُمَّ إِنِّي أَعْلَنْتُ لَهُمْ وَأَسْرَرْتُ لَهُمْ إِسْرَارًا * فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا * وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارً

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh : 9-12)


5. Mencegah Dari Hukuman Dan Azab Allah Ta’ala

Manusia tidak luput dari dosa-dosa dan hanya kepada Allah Ta’ala sajalah manusia meminta pengampunan. Jika dosa yang dilakukan manusia adalah dosa kecil, sebaiknya ucapkan istighfar sebanyak 3x atau 11x dengan niat tulus untuk menyesali perbuatanya agar Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosanya. Dalam Alquran Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sementara engkau (Muhammad) masih berada di antara mereka. Dan Allah juga tidak akan mengazab mereka selama mereka beristighfar.” (QS. Al-Anfal : 33)


6. Melapangkan Yang Sempit Dan Menghilangkan Kesusahan

Mengucapkan istighfar akan memberikan kemudahan dalam berbagai tindakan yang kita lakukan di dunia. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda dalam hadistnya:

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan melapangkan kesusahannya, mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka.” (HR. Muslim)

Referensi: Keutamaan Istighfar (Astaghfirullah) dalam Al Quran dan Hadist


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :