thumbnail

Tentang Obat Tetes Hidung, Mata dan Telinga saat Puasa

18 April 2022

Atasi Episkleritis dengan Obat Tetes Mata, Efektifkah?

Foto: halodoc.com

Menjadi kebingungan di beberapa kalangan kaum muslimin mengenai batalkah puasa seseorang jika menggunakan obat tetes hidung, mata dan telinga?

Maka pertanyaan ini telah dibahas dalam hadits Luqaith bin Shabrah. Mengenai obat tetes hidung, jika tetesannya sampai masuk ke dalam perut maka hal ini membatalkan puasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


Sempurnakanlah dalam membersihkan hidung, kecuali jika kalian sedang berpuasa” (HR. Abu Dawud).


Maka, orang yang sedang puasa tidak boleh meneteskan obat tetes ke hidung hingga masuk ke dalam perutnya. Namun, jika tetesan itu tidak masuk ke dalam perut, maka tidak membatalkan puasa.


Tentang obat tetes mata dan obat tetes telinga

Tetes Telinga Obat Untuk Pendengaran Skema Penerapan Obat Sebotol Cairan  Kartun Organ Manusia Unsur Rumah Sakit Dan Dokter Ilustrasi Stok - Unduh  Gambar Sekarang - iStock

Foto: istockphoto.com

Kemudian mengenai obat tetes untuk mata dan telinga, maka tidak membatalkan puasa. Karena tidak ada nash yang menjelaskan mengenai kebatalannya dan tidak ada juga nash yang semakna dengannya. Adapun mata, bukanlah sarana untuk proses makan dan minum. Begitupun dengan telinga dan seperti pori-pori kulit lainnya.

Beberapa ilmuwan berkata bahwa ketika seseorang digelitik telapak kakinya, maka orang tersebut akan merasakan sesuatu di tenggorokannya, namun hal itu tidak membatalkan puasa. Begitupun mengenai orang yang memakai celak, memakai tetes mata atau hidung yang tidak membatalkan puasanya, maupun mendapatkana rasa pada tenggorokan.

Contoh lainnya adalah ketika seseorang yang berpuasa, kemudian mengolesi dirinya dengan minyak, maka hukumnya boleh. Begitu juga pada seseorang yang sedang sakit sesak nafas, maka boleh baginya menggunakan oksigen yang disalurkan ke mulut untuk memudahkannya bernafas, dan itu tidak membatalkan puasanya. Karena hal tersebut tidak sampai ke perut, sehingga tidak dikategorikan dalam proses makan atau minum.

Referensi: obat tetes mata waktu puasa


📢📢📢 Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amalan sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :