thumbnail

Penyebab Sulit Mendapatkan Jodoh Menurut Islam

11 April 2022

Sulit mendapatkan jodoh menurut Islam, apa Sahabat Muslim juga sering memikirkannya? Akan tetapi, sebagian lainnya beranggapan jika menemukan jodoh itu merupakan hal yang gampang sekali dilakukan. Lalu bagaimana jika kita sudah berusaha keras, berdoa bahkan berserah diri pada Allah SWT tapi jodoh tak kunjung datang juga? Mungkin saja, ada yang salah pada diri kita kan?

 

Penyebab Sulit Mendapatkan Jodoh Menurut Islam

Setidaknya terdapat beberapa penyebab yang membuat seseorang kesulitan menemukan jodohnya menurut Islam. Sahabat Muslim mau tau? Coba simak ulasan berikut!

1. Mematok kriteria yang terlalu tinggi

Penyebab pertama ini mungkin tanpa disadari telah dilakukan banyak orang. Coba Sahabat Muslim ingat lagi, apakah selama ini Sahabat Muslim telah berlaku mawas dalam menentukan kriteria pasangan atau tidak.

Ingatlah jodoh kita merupakan cerminan diri kita sendiri. Singkatnya, Sahabat Muslim boleh-boleh saja memiliki kriteria tersendiri saat memilih pasangan, akan tetapi tetap rendah dan selalu sadar diri untuk tidak mematok kriteria yang terlalu tinggi.

2. Memiliki ketakutan untuk menikah

Bagaimana mungkin seseorang ingin menikah tetapi memiliki ketakutan atau kekhawatiran untuk menikah? Jelas hal ini tidak sesuai dan Sahabat Muslim perlu merenungkannya lagi. Mungkin iya ketakutan yang dimaksudkan bukan menjurus pada pernikahan, melainkan ketakutan tidak mampu memberikan nafkah, ketakutan tidak mampu membina keluarga yang harmonis hingga ketakutan salah memilih jodoh.

Cobalah untuk berdoa pada Allah SWT, karena sesungguhnya jodoh yang tepat datang karena ridha Allah sehingga semua kekhawatiran tersebut bisa hilang.

3. Memiliki harapan lebih pada seseorang

Biasanya seseorang yang dimabuk asmara lebih menaruh harapan pada seseorang yang disukainya. Faktanya, harapan berlebihan kepada seseorang tidak selalu membuahkan hasil yang baik. Bisa saja yang Sahabat Muslim rasakan nanti malah sakit hati karena orang tersebut tidak memiliki keseriusan untuk membangun rumah tangga.

Ingat untuk selalu memasrahkan semua pilihan dan keadaan kepada Allah SWT. Insyaallah jodoh yang baik akan segera datang disaat Sahabat Muslim memperbaiki diri dengan istighfar dan bertaubat.

4. Dosa yang tidak Sahabat Muslim sadari

Menurut Islam dan telah tersebut dalam beberapa hadist diketahui bahwa salah satu penghambat atau penyebab sulit mendapatkan jodoh menurut Islam ialah karena dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Untuk itu, segera bertaubat dan mendekatkan diri dengan Sang Pencipta untuk memperoleh ridha bertemu dengan pasangan hidup Sahabat Muslim.

5. Persyaratan orang tua

Tidak sedikit orang yang mengalami hal ini. Saat mereka telah merasa bertemu dengan pasangan, serius melamar akan tetapi akhirnya malah kandas karena tidak mendapatkan restu dari orang tua. Memang tidak bisa dipungkiri, ada sebagian orang tua yang memiliki kriteria sendiri saat menentukan pilihan calon menantunya.

 

Amalan Pembuka Pintu Jodoh

Selalu ingat, untuk mendapatkan jodoh yang baik Sahabat Muslim harus senantiasa berusaha dan berdoa sehingga diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk bertemu dengan jodoh yang tepat. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa amalan yang bisa Sahabat Muslim lakukan untuk mendapat jodoh terbaik, antara lain:

  • Membaca  Yasin dengan diiringi niat agar dipermudah mendapatkan jodoh.
  • Membaca Surat Dhuha dan Surat Qasas ayat 24 (doa Nabi Musa AS).
  • Memperbanyak bacaan shalawat.
  • Membaca bismillah 19 kali dilanjutkan dengan Surat At-Taubah ayat 129 sebanyak 1100 kali, dilanjutkan dengan shalawat 100 kali dan membaca bismillah 19 kali.
  • Dzikir Fatimah Zahra RA setelah melakukan shalat sunnah 2 rakaat, shalawat 11 kali

 

Penutup

Demikian ulasan ringkas seputar beberapa penyebab seorang muslim sulit menemukan jodohnya. Ingat, jodoh yang baik selalu datang disaat yang tepat, di waktu yang tepat dan insyaallah dengan orang yang tepat pula. 

Semoga ulasan mengenai penyebab sulit mendapatkan jodoh menurut Islam di atas memberikan manfaat banyak untuk Sahabat Muslim ya!

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :