thumbnail

Sudah Tau Kisah Teladan dari Abu Thalhah?

16 Januari 2023

Dalam kisah, Abu Thalhah dikenang dengan kisahnya yang bersedekah dengan harta yang paling beliau cintai.

Abu Thalhah punya banyak harta harta di kota Madinah dan yang paling ia cintai adalah kebun Bairaha’ yang akhirnya beliau wakafkan. Dalam hadist riwayat Bukhari no. 1461 dan Muslim, no. 998, disebutkan:

Sungguh harta yang paling aku cintai adalah kebun Bairaha’. Sungguh aku wakafkan kebun tersebut karena mengharap pahala dari Allah dan mengharap simpanan di akhirat. Aturlah tanah ini sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi petunjuk kepadamu. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bakh! Itulah harta yang benar-benar beruntung. Itulah harta yang benar-benar beruntung. Aku memang telah mendengar perkataanmu ini. Aku berpendapat, hendaknya engkau sedekahkan tanahmu ini untuk kerabat. Lalu Abu Thalhah membaginya untuk kerabatnya dan anak pamannya”


Coba kita renungkan, sudahkah atau bisakah kita mencontoh teladan beliau? Karena sepertinya bersedekah dengan harta yang kita cintai itu amat berat.

Allah Ta’ala berfirman:

وَتُحِبُّونَ ٱلْمَالَ حُبًّا جَمًّا

“Dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan” [QS. Al-Fajr: 20]

Referensi: sedekah dengan harta yang paling dicintai


Yuk semangat berbagi kebaikan dengan saudara kita yang membutuhkan. Bisa melalui Program Charity Corner di Aplikasi Muslimlife.


#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :