thumbnail

Siapa Sajakah Mustahik itu?

01 Mei 2022
Mustahik adalah 8 Orang yang Berhak Menerima Zakat

Foto: zakat.or.id

Selain menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, umat Islam juga diwajibkan untuk menjalankan ibadah lain yang hanya dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Ibadah tersebut adalah menunaikan zakat fitrah. Walaupun zakat fitrah termasuk ibadah yang wajib hukumnya dilaksanakan, namun hanya umat yang sudah berkecukupan yang wajib mengeluarkan zakat fitrah, sedangkan bagi umat Islam yang sedang mengalami kekurangan justru wajib menerima zakat.

Zakat fitrah dikeluarkan oleh Muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) yang dihimpun oleh Badan Amil dan kemudian akan disalurkan kepada Mustahik (orang-orang yang termasuk kedalam golongan penerima zakat). Adapun 8 golongan yang berhak menerima zakat adalah sebagai berikut.


1. Orang Fakir

Orang fakir merupakan orang-orang yang memiliki harta namun jumlahnya sangat sedikit. Golongan ini tidak berpenghasilan dan hampir tidak memiliki apa-apa sehingga mereka tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup mereka.


2. Orang Miskin

Golongan ini tidak jauh berbeda dengan fakir,  namun secara harta golongan orang miskin berada diatas orang fakir. Orang miskin adalah orang-orang yang memiliki harta namun jumlahnya sangat sedikit. Penghasilan hariannya hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu.


3. Amil

Amil merupakan orang-orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat kepada orang-orang yang berhak.


4. Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru memeluk agama Islam. Tujuan dari pemberian zakat fitrah kepada mualaf adalah agar mereka semakin mantap dan yakin bahwa Islam adalah agama mereka, Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai Rasul Allah.


5. Riqab

Riqab adalah budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.


6. Gharim

Gharim adalah orang-orang yang berhutang untuk kebutuhan hidup serta mempertahankan jiwa dan izzahnya. Namun, untuk orang-orang yang berhutang demi kepentingan maksiat ataupun orang yang berhutang demi memulai bisnis lalu bangkrut, mereka tidak berhak menerima zakat.


7. Fi Sabilillah

Fi Sabilillah adalah golongan orang-orang yang berjuang dijalan Allah dalam bentuk dkawah, jihad dan sebagainya. Beberapa contoh Fi Sabilillah adalah pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah dan sebagainya.


8. Ibnu Sabil

Golongan terakhir yang berhak menerima zakat fitrah adalah Ibnu Sabil. Golongan ini merupakan orang-orang yang kehabisan biaya perjalanan dalam ketaatan kepada Allah. Ibnu Sabil juga disebut sebagai Musafir.

Referensi: 8 golongan penerima Zakat Fitrah


 📢📢📢 Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amal sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌿 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌿 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌿 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :