thumbnail

Shalat Istikharah Jodoh : Niat, Bacaan Dan Tata Caranya

28 Maret 2022

Sahabat muslim, dalam Islam, Shalat istikharah jodoh sebaiknya ditunaikan ketika seseorang sedang menghadapi pilihan jodoh yang sulit. Memilih jodoh, diantara beberapa pilihan yang ada misalnya. Termasuk salah satu sholat sunat, sholat yang satu ini, dilakukan untuk membantu memantapkan hati, dalam memilih pilihan yang tepat, sesuai dengan bimbingan Allah SWT.  

 

Apa Itu Shalat Istikharah Jodoh?

Seperti yang sudah dapat disimpulkan sebelumnya, dan juga sudah dijelaskan selintas di atas, sholat istikharah sendiri adalah salah satu sholat sunat yang bertujuan untuk memohon petunjuk pada Allah SWT terutama dalam hal mencari jodoh yang sesuai. Secara umum shalat istikharah sendiri dapat ditujukan untuk hal lainnya, seperti mencari pekerjaan, memilih rencana yang masih diragukan, mengambil keputusan dan yang lainnya.  

 

Manfaat Shalat Istikharah Jodoh

Seperti shalat pada umumnya Shalat istikharah jodoh ini sendiri tentunya akan memberikan beberapa manfaat penting, ketika Sahabat muslim melakukannya. Adapun manfaat yang akan didapat antara lain :

  1. Menyerahkan hasil kepada Allah SWT 
  2. Seperti yang dikatakan dalam firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat ke 51, yang bunyinya:

    قُلْ لَّنْ يُّصِيْبَنَآ اِلَّا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَنَاۚ هُوَ مَوْلٰىنَا وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ

    Yang artinya : “Katakanlah wahai Muhammad, “ tidak akan ada yang menimpa kami, melainkan apa yang sudah ditetapkan Allah bagi kami semua. Dialah pelindung kami, dan hanya pada Allah, orang-orang beriman akan bertawakal”. 

    Dari penjelasan di atas, jelas sudah, bahwa shalat istikharah itu pada dasarnya adalah memohon petunjuk pada Allah SWT, agar memperoleh petunjuk pada jalan ikhtiar yang baik atas usaha yang dilakukan selama ini. 

    Tapi sebagai manusia, tentunya sahabat muslim harus menyerahkan semua hasil pada Allah SWT pada iringan dan keriddoan-Nya.  

  3. Menjauhkan diri dari bisikan setan
  4. Adapun manfaat shalat istikharah berikutnya adalah menjauhkan sahabat muslim dari bisikan setan yang menyesatkan. Karena ada kalanya hati merasa gundah, dan pada saat itulah setan mulai menggoda, dan menjerumuskan manusia ke dalam jalan yang sesat. 

    Tapi lain halnya ketika sahabat muslim melakukan shalat istikharah, pastinya akan senantiasa berada dalam lindungan dan selalu ingat akan Allah SWT. 

  5. Terhindar dari keburukan 
  6. Melakukan shalat Istiharah juga membuat sahabat muslim terhindar dari keburukan, sebagaimana yang tercantum dalam hadis riwayat Bukhari, yang artinya : 

    Ya Allah, dan sekiranya Engkau yang mengetahui bahwa urusan yang tengah hamba lakukan ini buruk, dan juga buruk bagi agamaku, kehidupanku, dan juga akibat dari urusan ini, sebaiknya hindari hamba dari urusan tersebut. Kemudian takdirkanlah kepada hamba akan kebaikan bagaimanapun adanya, dan juga berikanlah keridhaan untuk urusan tersebut”. (HR. Bukhari).     

  7. Mampu memberi kemantapan hati 
  8. Ini adalah salah satu manfaat yang pastinya sudah sahabat muslim ketahui. Dimana mampu memberikan kemantapan hati, dalam berbagai macam hal, termasuk dalam hal mencari dan memperoleh pekerjaan, serta jodoh. 

    Jadi tidak masalah ketika sahabat muslim melakukan shalat tersebut selama beberapa kali, untuk memperoleh petunjuk yang lebih jelas. 

  9. Memperoleh kelapangan dada
  10. Memperoleh hati yang lapang, dan hati yang ikhlas juga akan sahabat muslim peroleh ketika melakukan shalat istikharah tersebut. Karena pada dasarnya hanya Allah yang mengetahui mana umat yang terbaik, di masa kini maupun masa yang akan datang. Termasuk masalah jodoh yang baik untuk seseorang.

  11. Terhindar dari rasa menyesal 
  12. Ada kalanya sahabat muslim merasa menyesal akan sebuah keputusan. Bisanya rasa menyesal tersebut terus diingat bahkan hingga beberapa tahu setelahnya. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, ada baknya jika sejak awal sahabat muslim langsung menyerahkannya pada Allah. Jadi apapun yang terjadi sahabat muslim tidak akan merasa menyesal, terutama setelah melakukan atau memilih sesuatu yang dinilai penting bagi kehidupan sahabat muslim semua. 

  13. Mengikuti sunnah Nabi
  14. Tidak hanya sebagai shalat sunat, namun shalat yang satu ini juga termasuk salah satu shalat yang juga dilakukan oleh nabi Muhammad SAW, untuk dimudahkan semua urusan yang akan dilakukan. 

 

Tata Cara Shalat Istikharat Jodoh

Adapun tata cara shalat istikharah yang sebaiknya sahabat muslim lakukan, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan shalat sunat pada umumnya. 

  1. Waktu shalat 
  2. Untuk waktu shalat yang satu ini, dapat dilakukan kapan saja, baik siang, atau malam hari. Tapi alangkah baiknya jika shalat tersebut dilakukan pada malam hari, terutama sekitar jam 1 dini hari. 

  3. Jumlah rakaat dalam shalat 
  4. Kali ini sahabat muslim dapat melakukan shalat sebanyak 2 rakaat saja. Jangan lupa untuk membaca doa, agar maksud dan tujuan shalat diterima Allah SWT dan Allah SWt akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi umatnya.

  5. Tata cara shalat 
  6. Untuk tata cara shalat sendiri, seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak terlalu jauh berbeda dengan shalat pada umumnya, dimulai dengan :

    • Membaca niat shalat istikharah
    • Adapun niat untuk Shalat istikharah jodoh adalah :

      أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

      Yang artinya : “Aku niat shalat sunnah Istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala”. 

    • Melakukan takbiratul ikhram 
    • Membaca doa iftitah 
    • Membaca surat Al Fathihah
    • Membaca salah satu surat yang ada di Al-Quran. Namun ada baiknya jika membaca Al-Kafirun, pada Rakaat pertama, dan Surat Al Ikhlas pada rakaat dua. 
    • Melakukan Ruku’ dengan tuma’ninah. 
    • Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah. 
    • Melakukan sujud.
    • Melakukan duduk diantara dua sujud. 
    • Melakukan sujud yang kedua.
    • Mendirikan rakaat yang kedua, dengan tata cara yang sama. Dimulai dari takbiratul ikhram hingga sujud kedua. 
    • Diakhiri dengan tahiyat akhir serta salam.  

 

Memohon Petunjuk Allah Dengan Doa Shalat Istikharah Jodoh Terbaik

Berikut ini adalah bacaan doa setelah shabat muslim selesai melakukan shalat istikharah, yaitu : 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Yang artinya : “Ya Alloh, sesungguhnya aku meminta bantuan pada-Mu, dengan menggunakan ilmu-Mu, dan aku juga memohon akan kekuasaan-Mu, dalam menyelesaikan masalah, dengan kodrat-Mu, aku juga memohon pada-Mu, sebagaimana karunia-Mu yang besar, karena Engkau yang Mahakuasa, sedang aku tidak punya kuasa, Engkau yang Maha Mengetahui, sedang aku tidak, serta Engkau yang Maha Mengetahui Perkara yang gaib.   

Ya Alah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan tersebut baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan juga akibat bagiku, maka takdirkanlah serta mudahkanlah urusan tersebut bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan tersebut. 

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan tersebut buruk untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan juga akibatnya bagi aku, sebaiknya jauhkanlah urusan tersebut dariku, dan jauhkan pula aku dari urusan tersebut, serta takdirkanlah kebaikan padaku dimanapun itu, kemudian jadikan pula aku ridha dan menerimanya. 

Demikianlah beberapa hal yang perlu sahabat Muslim ketahui tentang shalat istikharah jodoh, mulai dari manfaat tata cara serta bacaan yang sebaiknya dibaca, ketika shalat istikharah tersebut. Semoga ulasan kali ini membawa keberkahan bagi sahabat muslim yang membaca dan menginginkan petunjuk yang jelas akan urusan yang sedang didapat. 


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :