thumbnail

Semangat Sedekah Subuh!

16 Juli 2022


Sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Karena sedekah merupakan bentuk ibadah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sosial. Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan kepada siapa saja asalkan dengan niat yang baik. Hal ini seperti yang telah difirmankan oleh Allah Ta’ala dalam Al-Quran sebagai berikut:

ا لِ اللَّهِ لَا لْقُوا لَى التَّهْلُكَةِ ا اللَّهَ ال

“Dan belanjakanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kehancuran, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS: Al-Baqarah: 195)

Namun ada satu waktu yang sangat dianjurkan untuk bersedekah, yaitu sedekah di waktu shubuh. Ini merupakan kegiatan berbagi maupun mengeluarkan harta guna diberikan kepada mereka yang membutuhkan setelah waktu shalat subuh atau sebelum matahari benar-benar terbit. Kira-kira apa saja sih kelebihan sedekah di waktu shubuh? Yuk simak ulasan berikut!


1. Dua Malaikat akan Datang Mendoakan

Apabila seseorang melakukan sedekah setelah waktushubuh dan sebelum matahari terbit, dua malaikat akan datang serta akan mendoakannya agar mendapatkan limpahan rejeki dan kelancaran mendapatkannya. Namun apabila seseorang enggan untuk bersedekah, maka kedua malaikat tersebut akan berdoa kepada Allah Ta’ala agar ditahan rejekinya. Hal ini seperti yang telah Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam katakana dalam hadistnya:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada satu shubuhpun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara mereka berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari dan Muslim)


2. Dikabulkan Permintaannya

Waktu shubuh adalah waktu yang baik dalam melakukan banyak hal, termasuk meminta permohonan atau hajat kepada Allah. Dengan bersedekah, selain kita meminta kepada Allah, malaikat juga akan berdoa kepada Allah agar kita diberikan kemudahan dan kebaikan.


3. Menghapuskan Dosa

Sedekah akan memberikan ketenangan hati bagi siapa saja yang melaksanakannya secara ikhlas. Dengan bersedekah, dosa-dosa yang pernah dilakukan juga akan berguguran. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam dalam hadistnya:

وَالصَدَقَة تطفىءُ الخطيئةَ كَمَا تطفىءُ المَاءُ النارَ

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)


4. Membuat Harta Menjadi Berkah

Jika ditelaah dengan nalar, apabila bersedekah maka harta kita akan berkurang. Namun dalam beribadah kepada Allah Ta’ala, akan ada banyak keajaiban diluar nalar manusia. Allah akan melipatgandakan harta orang-orang yang bersedekah serta memberikan keberkahan didalam harta tersebut terutama yang dilakukan di waktu shubuh.


5. Didekatkan Dengan Pintu Surga Dan Dijauhkan Dari Api Neraka

Sedekah akan memberikan kemudahan untuk dekat menuju surga serta jauh kepada neraka. Karena dengan sedekah ada banyak kebaikan yang dapat dirasakan oleh orang lain. Dalam Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

من أنفق زوجين في سبيل الله، نودي في الجنة يا عبد الله، هذا خير

“Orang yang memberikan atau menyambung dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’”.(HR Bukhari dan Muslim).


Dalam hadist lainnya :

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah”. (HR Bukhari dan Muslim)


Dengan begitu banyaknya kebaikan-kebaikan yang didapatkan, lantas bagaimana tata cara sedekah shubuh itu? Menurut almarhum Syekh Ali Jaber sedekah shubuh dilaksanakan setalah pelaksanaan shalat shubuh. Jika terdapat kotak amal, isi kotak amal tersebut dengan disertai hajat ataupun permintaan didalam hati. Ingat yang terpenting dalam sedekah shubuh adalah keikhlasan untuk melakukannya bukan besar kecilnya sedekah yang diberikan.

Referensi: Pengertian Sedekah Subuh, Manfaat dan Keutamaannya5 Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya


Beramal baik jadi lebih mudah dengan fitur di Aplikasi Muslimlife!

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 


#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :