thumbnail

Sang Pemecah Persamaan Helmholtz

21 September 2021

    Indonesia bangga! Ilmuwan muda asal Indonesia, Dr. Yogi Ahmad Erlangga berhasil menemukan solusi PERSAMAAN HELMHOLTZ menggunakan matematika numerik secara cepat. 

Persamaan Helmholtz ini menjadi karya yang menjawab masalah yang telah berlangsung selama 30 tahun, sekaligus menjadi kabar bahagia bagi  perusahaan perminyakan, dunia industri dan teknologi Blu-Ray. Pasalnya, Metode Ekuasi Helmholtz dapat mempercepat proses data seismik untuk mensurvey cadangan minyak bumi, sehingga perusahaan minyak bisa lebih cepat menemukan sumber minyak dari perut bumi.

Metode dari persamaan itu pun sangat berguna di industri radar, penerbangan dan kapal selam. Tidak itu saja, Persamaan Helmholtz juga bisa diterapkan di teknologi Blu-Ray, yang membuat keping  Blu-Ray mampu memuat data dengan jumlah yang jauh lebih besar.

    Mengulik latar belakang pendidikan, Yogi adalah alumni Institut Teknologi Bandung dengan gelar sarjana teknik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika. Kemudian Yogi melanjutkan studi S2 dan S3 dengan pilihan bidang matematika terapan di Universitas Teknologi Delft, Belanda. Dan pada usia muda, yakni 31 Tahun, ia telah menyelesaikan gelar doktornya.

  Kisah awal keberhasilan Persamaan Helmholtz dimulai saat Yogi mengajukan riset Tahun 2001 kepada Uiversitas Teknologi Delft. Dan beliau berhasil menemukan solusinya pada Tahun 2005.

Tidak berhenti disitu, Yogi juga pernah mengikuti program post-doctoral di Jerman. Kemudian Yogi juga melakukan banyak penelitian di bidang aljabar linier dan analisis matriks saat ia berkesempatan menjadi asisten profesor di bidang matematika pada Universitas Alfaisal, Arab Saudi.

    Berkat dedikasi, dharma bakti, sumbangan positif dalam bidang keilmuan dan pengabdian, Yogi diberikan penghargaan Achmad Bakrie oleh Freedom Institute yang didirikan oleh Aburizal Bakrie. Wah, selamat kepada Dr. Yogi Ahmad Erlangga !    

Sekali lagi, Indonesia bangga !

Indonesia pasti bisa !


Sumber :

  1. https://rumahpublikasi.org/tim-mentor-2/yogi-ahmad-erlangga/ 
  2. https://www.itb.ac.id/berita/detail/3665/penghargaan-achmad-bakrie-yogi-ahmad-erlangga-sang-pemecah-persamaan-helmholtz


#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :