thumbnail

Jauhkan Rumah Tangga Dari Perceraian, Yuk Amalkan Doa-Doa Ini

08 Agustus 2022

Menikah dan membangun rumah tangga merupakan ibadah yang paling panjang. Namun dalam pelaksanaannya, acap kali terjadi perselisahan dan pertengkaran. Perlu diingat pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang saling mencintai, namun juga menyatukan dua orang dengan karakter dan pola pikir yang berbeda. Oleh karena itu, ketika terjadi permasalahan setiap pasangan harus bisa menyelesaikan masalah dengan baik-baik, bukan dengan perkelahian atau bahkan perceraian. Untuk menjaga rumah tangga tetap harmonis dan utuh, sejumlah doa dibawah ini dapat diamalkan agar pasangan suami istri bisa menyelamatkan rumah tangganya dari perceraian.

Kumpulan Doa Harian Selama Bulan Ramadan

Photo : CNN Indonesia

1. Doa Untuk Disegerakan Mendapatkan Anak

Salah satu penyebab perceraian dalam rumah tangga adalah karena belum dikarunia anak padahal usia pernikahan sudah lama. Salah satu Nabi yang juga lama dikaruniakan anak adalah Nabi Zakaria Alaihi Wassalam. Beliau selalu memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala agar berkenan memberikannya keturunan. Berkat kesabarannya, Allah Ta’ala kemudian mengabulkan doa Nabi Zakaria Alaihi Salam dan mengkaruniakannya seorang anak yang shaleh dan menjadi Nabi Bernama Yahya Alaihi Salam. Doa Nabi Zakaria Alaihi Salam ini kemudian diabadikan oleh Allah Ta’ala dalam Alquran Surah Al-Anbiya ayat 89. Berikut doa Nabi Zakaria Alaihi Salam yang juga dapat diamalkan oleh pasangan yang belum mendapatkan keturunan:

ۚوَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Artinya:

"Ya Tuhanku, jangan lah engkau membiarkan aku hidup seorang diri, dan engkau lah pewaris yang paling baik." (QS. Al-Anbiya: 89)


2. Doa Agar Dimudahkan Mendapatkan Rejeki

Masalah finansial juga menjadi salah satu factor pemicu keretakan dalam berumah tangga. Karena kondisi finansial yang baik akan menunjang pemenuhan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga. Untuk memperlancar rejeki keluarga, doa yang terdapat didalam surah Al-Maidah ayat 114 dapat diamalkan. Adapun doanya sebagai berikut:

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya:

"Ya Tuhan kami, turunkan lah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkau lah pemberi rezeki yang paling utama." (QS. Al-Maidah: 114)


3. Doa Agar Dipermudah Segala Urusan

Urusan yang dipermudah dalam segala hal tentu menjadi keinginan bagi semua pasangan suami istri. Makna yang terdapat dalam surah Al-Kahfi ayat 10 bisa menjadi pedoman dan doa untuk diamalkan. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya:

"Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS. Al-Kahfi: 10)


4. Doa Untuk Melembutkan Hati Pasangan

Seperti yang dikatakan di awal tadi, pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang saling mencintai, namun juga menyatukan dua orang dengan karakter dan pola pikir yang berbeda. Oleh karena itu, ketika terjadi permasalahan setiap pasangan harus bisa menyelesaikan masalah dengan baik-baik, bukan dengan perkelahian atau bahkan perceraian. Pasangan suami istri yang memiliki hati lembut dan penuh kasih sayang akan menciptakan kehidupan rumah tangga harmonis. Adapun doa untuk melembutkan pasangan terdapat didalam surah At-Thaha ayat 2-5 sebagai berikut:

مَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ اِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى ۙ تَنْزِيْلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْاَرْضَ وَالسَّمٰوٰتِ الْعُلٰى ۗ اَلرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى

Artinya:

"Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Alquran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Alquran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah." (QS. At-Thaha: 2-5)


5. Doa Untuk Meningkatkan Ketakwaan Anggota Keluarga Kepada Allah Ta’ala

Anggota keluarga yang bertakwa kepada Allah Ta’ala akan menciptakan suasana rumah tangga yang sejuk dan penuh dengan kedamaian. Adapun doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut :

الَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya:

"Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa." (Al-Furqan: 74)


7. Doa Untuk Meningkat Kasih Sayang Pasangan

Kehidupan rumah tangga yang penuh kasih sayang merupakan idaman semua pasangan. Dengan kasih sayang rumah tangga dapat berjalan dengan baik, langgeng dan harmonis. Adapun doa untuk meningkatkan kasih sayang pasangan adalah sebagai berikut:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Artinya:

"Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku." (QS.  At-Thaha: 39)


8. Doa Agar Dijauhkan Dari Orang Ketiga

Godaan pihak ketiga menjadi permasalahan lain yang kerap dialami pasangan suami istri. Kehadiran mereka dapat menjadi pemicu besar terjadinya perceraian. Keharmonisan rumah tangga harus tetap dijaga agar niat buruk pihak lain bisa dihindari. Adapun doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ خَيْرٌ مِّنْهَاۚ وَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِيْنَ عَمِلُوا السَّيِّاٰتِ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya:

"Barang siapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik daripadanya. Dan barang siapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan." (Al-Qasas: 84)


9. Doa Agar Pasangan Semakin Erat

Terdapat doa yang bertujuan untuk membuat hubungan suami istri selalu sehat, dekat, dan harmonis. Doa ini bisa diamalkan ketika  pasangan suami istri menghadapi berbagai masalah, cobaan, dan godaan dalam rumah tangga. Adapun doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا ، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ ، وَنَجِّنَا مِنْ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ ، وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ ، مُثْنِينَ بِهَا ، قَابِلِيهَا ، وَأَتِمَّهَا عَلَيْنَا

Artinya:

Ya Allah, pertautkanlah di antara hati kami, perbaikilah hubungan di antara kami, tunjukkan kami jalan kedamaian, selamatkan kami dari kegelapan menuju kepada terang, jauhkan kami dari semua keburukan, yang tampak maupun yang tidak tampak. Berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, istri dan keturunan kami. Terimalah taubat kami, Engkau yang maha penerima taubat dan maha penyayang. Jadikan kami orang-orang yang bersyukur pada nikmat-Mu, pemuji nikmat-Mu, penerima nikmat-Mu, dan sempurnakanlah nikmat-Mu kepada kami.”

Itulah doa-doa yang dapat diamalkan oleh pasangan suami istri selama mengarungi bahtera rumah tangga. Doa tersebut dapat diamalkan ketika selesai shalat, dan sangat baik berdoa secara berjamaah bersama keluarga tercinta.

Sumber: Doa Keluarga


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :