thumbnail

Rekomendasi Olahraga yang Cocok saat Berpuasa

13 April 2022

Pilihan Jurusan Kuliah untuk Penyuka Olahraga, Ada Banyak Lho! : Okezone  Edukasi

Foto:edukasi.okezone.com

Puasa bukanlah menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan, termasuk untuk berolahraga. Walaupun olahraga di saat puasa terasa berat, nyatanya olahraga saat puasa berdampak baik pada kesehatan. Malahan, olahraga saat puasa sangat dianjurkan. Nah kira-kira olahraga apa aja sih yang cocok dilakukan saat kita berpuasa. Berikut adalah berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa:


1. Jalan Kaki

32 Kata-Kata Keren Bijak tentang Jalan Kaki Pagi, Motivasi Bergerak - Ragam  Bola.com

Foto: bola.com

Jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan saat puasa yang boleh dilakukan. Termasuk jalan kaki di tempat sekalipun. Sebab, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.


2. Yoga


Foto: history.com

Jenis olahraga yang sudah dilakukan sejak zaman dulu kala ini adalah jenis olahraga yang bisa dicoba saat rumah, bahkan di dalam rumah sekalipun. Nyalakan saja video pelatihan yoga, dan bersantailah di depan komputer atau televisi kamu sambil mengikuti instruktur. Pilihlah yoga dengan tingkat intensitas rendah, seperti Sukhsana (menaruh kedua tangan di lutut sambil duduk bersila) , hingga Tadasana (berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan).


3. Bersepeda

Gambar Pasangan Bersepeda, Bersepeda, Pasangan, Istri PNG dan Vektor dengan  Background Transparan untuk Unduh Gratis

Foto: id.pngtree.com

Bersepeda adalah jenis olahraga saat puasa yang mengasyikkan, yang bahkan bisa dilakukan sambil “ngabuburit”. Bersepeda selama 30 menit saja memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres.


4. Naik-Turun Tangga

Kenali Manfaat Naik Turun Tangga untuk Wanita dan Pria

Foto: daya.id

Naik-turun tangga memang kerap dianggap sepele. Padahal, jenis olahraga saat puasa ini memiliki banyak manfaat dan berintensitas rendah. Manfaat naik-turun tangga meliputi membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga, hingga menambah kekuatan tubuh.


5. Joging

Syarat Joging yang Benar - Gaya Tempo.co

Foto: gaya.tempo.co

Joging atau lari pelan adalah jenis olahraga ringan saat puasa yang juga bisa jadi pilihan. Tidak perlu jauh ke luar rumah untuk melakukan joging. Di halaman depan rumah saja, kamu juga bisa melakukan joging. Bahkan sambil menunggu berbuka puasa sekalipun. Joging memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan tubuh.


6. Tai Chi

Tai chi 1080P, 2K, 4K, 5K HD wallpapers free download | Wallpaper Flare

Foto: wallpaperflare.com

Dari gerakannya saja, tai chi sudah terlihat seperti jenis olahraga ringan saat puasa yang mudah dilakukan. Namun jangan salah, manfaat tai chi sangatlah beragam, mulai dari meningkatkan otot, kestabilan, dan fleksibilitas tubuh, sampai meningkatkan fungsi kognitif.


7. Sit Up dan Push Up

How to Do Russian Push-ups for an Intense Upper Body Workout

Foto: wikiHow.com

Sit up dan push up adalah olahraga saat puasa yang berintensitas rendah. Namun, kamu harus menyesuaikan energi yang kamu punya dengan gerakan olahraga ini. Sit up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sementara itu, push up bisa menjaga stabilitas tubuh, memperbesar massa otot, sampai menguatkan otot perut.

Referensi: olahraga saat puasa ternyata berdampak baik untuk tubuh


Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amalan sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :