thumbnail

Ramadhan Mubarok! Sudahkah Anda Mempersiapkan Bekal Menyambut Ramadhan?

18 Maret 2022

Alhamdulillah, Terimakasih kepada Allah Ta'ala yang Maha Baik. Shalawat dan salam kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya.

Ramadhan mubarok tinggal beberapa hari lagi. Semoga kita semua diberikan umur panjang agar dapat bertemu dengan bulan ramadhan yang mulia dan penuh berkah. Lalu, bekal saja yang bisa umat Islam persiapkan untuk menyambut Ramadhan? Berikut ulasannya.


Pertama : Bekal ilmu

Ilmu adalah bekal paling utama, agar ibadah kita sesuai tuntunan agama Islam dan mendapatkan manfaat. ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

مَنْ عَبَدَ اللهَ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِحُ

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).

Ingatlah bahwa syarat diterimanya ibadah tidak hanya ikhlas, namun juga sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ada dalilnya. Kemudian, yang harus diperhatikan adalah ilmu mengenai hukum puasa, sunnah-sunnah saat puasa, dan larangan apa saja yang harus ditinggalkan dan sebagainya. Jangan sampai puasa kita rusak dan mengurangi pahala puasa. Semoga Allah memberikan kita petunjuk dan hidayah. Wallahul musta’an.


Kedua : Perbanyak taubat

Allah Menerima Taubat Hambanya Dalam Segala Keadaan

Foto : syiartauhidaceh.com

Menyambut ramadhan, yuk sama-sama kita perbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah. Semoga ramadhan nanti kita menjadi hamba Allah yang lebih baik. Maksiat dan perilaku buruk yang lalu hendaklah ditinggalkan dan ganti dengan banyak berbuat amal baik.

Kemudian, ingatlah bahwa sebaik-baik taubat adalah yang tulus dan murni, yaitu menyesali perbuatan dosa, sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan dosa serta bertekad untuk bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan dosa. Semoga Allah memberikan kita waktu untuk bertaubat dan menerima taubat kita, Aamiin.

Berikut do’a meminta segala ampunan dari Allah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى


"Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan." (HR. Bukhari no. 6398 dan Muslim no. 2719)


Ketiga : Banyak memohon kemudahan dari Allah Ta'ala

Kita harus memahami bahwa kita mampu bertemu dan melakukan banyak kebaikan adalah atas kemudahan dari Allah.  Setiap manusia itu sebenarnya lemah, Allah Ta'ala yang Maha Kuasa yang memberikan kemudahan. Oleh karena itu, sebagai muslim hendaklah kita selalu bergantung dan tawakkal kepada Allah. Kemudian, memohon do’a kepada Allah agar ketika ramadhan tiba, kita dimudahkan menjalankan ibadah, baik shalat malam, sedekah, mengkhatamkan atau mengulang hafalan Qur’an, berpuasa serta kebaikan lainnya.

Perilaku Taubat Menurut Naskah Kesultanan Buton | kumparan.com

Foto : kumparan.com

Berikut do’a untuk memohon kemudahan dari Allah:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah". (Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3:255. Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah).

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ

”Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran." (HR. Tirmidzi no. 3233, shahih menurut Syaikh Al Albani).


Semoga di bulan ramadhan tahun ini kita bisa lebih banyak berbuat baik dari sebelumnya dan semoga Allah menjadikan ramadhan kita lebih baik dari sebelumnya.

Ramadhan Mubarok.

Marilah sama-sama kita menyambut bulan suci ramadhan dengan bergembira dan dengan bekal ilmu, taubat dan memperbanyak do’a kemudahan. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat.


🚨🚨🚨Yuk yuk banyakin berbuat kebaikan selama Bulan Ramadhan, seperti donasi, tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya🤩

Bersama Muslimlife, ayo lebih banyak menebar kebaikan melalui fitur :

✅Donasi di Charity Corner Muslimlife

✅Asuh Hafidz Muslimlife


Daaan yuk yuk akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

✅Cuma 500/hari❣️

✅Dengan berlangganan, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

✅Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

✅Metode pembayaran mudah & beragam

✅Ada 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


💌Buruaann, belajar agama jangan ditunda-tunda yaa😊

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita, Aamiin🤲

Referensi :

https://rumaysho.cohttps://rumaysho.co/m/1875-3-bekal-menyambut-ramadhan.html



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :