thumbnail

Puasa Tetap Semangat Belajar dong!

08 April 2022

Untuk Apa Belajar Itu? Tujuan Belajar Menurut Ulama | Program Pascasarjana  Universitas Darussalam Gontor

Foto : pps.unida.gontor.ac.id

Selama berpuasa, apakah kamu sering kesulitan menemukan cara mengatur waktu belajar dan mengisi kegiatan bulan Ramadhan lainnya? Misalnya, karena harus tarawih, buka bersama, nyipain takjil, tadarus dan mengaji, membuat jadwal belajar di rumah yang biasa kamu terapkan sering tertunda. Kalau sudah seperti itu, kamu harus membuat pengaturan waktu belajar khusus di bulan Ramadhan. Jangan sampai kegiatan di bulan Ramadhan lainnya membuat target belajarmu menjadi berantakan. Nah berikut 3 cara mengatur waktu belajar di bulan Ramadhan, sekaligus referensi jadwal belajar yang bisa kamu gunakan agar target belajar tetap tercapai.


1. Pilih waktu belajar yang paling cocok dengan diri kamu

Sukses Mengatur Waktu Belajar Mandiri dengan 7 Cara Berikut, Apa Saja? -  DEPOK POSFoto : depokpos.com

Jika kamu merasa di siang hari saat  sedang berpuasa, kamu kesulitan fokus dalam belajar, jangan memilih belajar yang terlalu berat di waktu tersebut. Belajar materi yang memerlukan daya pikir lebih seperti pelajaran eksak bisa membuat energi terkuras habis dan tubuh cepat merasa lapar. Akibatnya, kamu jadi susah fokus menyerap materi dan proses belajar pun tidak akan membuahkan hasil maksimal. Ada baiknya kamu memilih waktu belajar setelah sahur, menjelang buka, atau setelah tarawih. Pilih satu yang paling cocok untuk belajar materi berat. Misalnya, setelah sahur atau tarawih saat tubuh masih dalam kondisi prima.


2. Fokuskan Waktu Belajar sesuai Target

Supaya waktu dan kuantitas belajar kamu berjalan efisien, sebaiknya kamu fokus pada target belajar yang kamu buat. Contohnya, bagi kamu yang target belajarnya yaitu persiapan Ujian Mandiri, maka fokuslah pada penguasaan soal-soal. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan PAS, mulai tandai bab-bab yang akan keluar dan fokus belajar materi tersebut. Kamu bisa mengatur waktu belajar 1-2 jam dengan istirahat sejenak di pertengahan waktu.

Inilah Tips Agar Belajar di Rumah Tidak Membosankan

Foto : smadwiwarna.sch.id

Kuantitas belajarnya tidak harus terlalu banyak kok. Kamu bisa mengerjakan 5 soal per hari atau mempelajari 1-2 bab per hari secara konsisten. Cara mengatur waktu belajar seperti ini bisa membuat kamu berprogres dalam belajar. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan waktu secara maksimal, baik dalam belajar maupun mengisi kegiatan bulan Ramadhan lainnya.


3. Tidur yang Cukup di Malam Hari

4 Tips Melakukan Nap Training untuk Si Kecil

Foto : halodoc.com

Buat kamu yang memilih belajar setelah tarawih, jangan lupa tetap tidur tepat waktu di malam hari. Biasanya, di bulan puasa akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kamu tidur lebih larut dari biasanya. Mulai dari buka puasa bersama, program Ramadhan di televisi, tarawih, belajar, hingga tadarus Al-Qur’an. Kamu harus tahu, kapan sebaiknya kamu beristirahat sesuai kondisi fisik dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

Alangkah baiknya kamu tetap menjaga pola tidur senormal mungkin. Tidur yang nyenyak dan cukup di malam hari bisa membuat kamu merasa segar dan badan terasa enteng keesokan harinya. Bahkan, kamu masih bisa menyempatkan waktu belajar setelah sahur, lho. Meski berpuasa, enggak ada yang namanya malas dan ngantuk lagi karena kamu sudah mendapatkan istirahat yang cukup di malam harinya!


4. Rekomendasi Jadwal Belajar Selama Ramadhan

Senin – Jumat

  • 03.00 – 05.00: Tahajud, sahur, dan salat subuh
  • 05.00 – 06.00: Mengaji dan belajar ringan
  • 06.00 – 07.00: Olahraga dan mandi pagi
  • 07.00 – 11.00: Salat duha, belajar, dan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  • 11.00 – 12.00: Bersantai
  • 12.00 – 13.00: Salat zuhur dan mengaji
  • 13.00 – 15.00: Tidur siang
  • 15.00 – 16.00: Salat asar dan mandi sore
  • 16.00 – 17.00: Belajar atau membaca ulang materi PJJ
  • 17.00 – 19.00: Ngabuburit, buka puasa, salat magrib, persiapan tarawih
  • 19.00 – 21.00: Tarawih, tadarus Al Qur’an, belajar
  • 21.00 – 03.00: Tidur

Sabtu – Minggu

  • Fleksibel sebagai bentuk self reward

Referensi : Cara mengatur waktu belajar saat puasa


📢📢📢Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amalan sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin🤲 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :