thumbnail

Puasa harus Kontrol Amarah, ya!

22 April 2022

Tahan Marah Yuk Halaman 1 - Kompasiana.com

Foto: kompasiana.com

Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah yang wajib dijalankan bagi semua umat Muslim. Berpuasa bukan saja tentang menahan rasa lapar dan haus saja, namun juga harus mampu menahan emosi atau rasa marah. Memang benar adanya marah tidak akan membatalkan puasa. Namun sikap marah yang kita lampiaskan selama berpuasa bisa menurunkan kualitas dari ibadah puasa itu sendiri.

Tips Mengontrol Amarah Terbaik untuk Mengendalikan Emosi | Kesehatan

Foto: gatra.com

Rasa amarah merupakan bagian dari nafsu yang perlu kita kendalikan selama berpuasa. Oleh sebab itu Sebaiknya kita menghindari marah-marah pada suatu hal atau orang lain. Berikut merupakan cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan amarah dalam diri selama berpuasa:


1. Kenali Diri

Kita perlu mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kita mulai kesal terhadap sesuatu. Jika kita mengenali tanda-tanda tersebut, akan lebih mudah untuk segera menenangkan diri. Saat tubuh mulai bereaksi untuk marah. Cobalah untuk segera menjauh dari situasi tersebut, agar tidak semakin menyulut emosi.


2. Mengontrol Ekspektasi

Berekspektasi Tinggi terhadap Diri Sendiri, Bagus Tidak Sih? - Pemimpin.ID

Foto: pemimpin.id

Menurut psikolog Bernard Golden, PhD, pendiri Anger Management Education “ada begitu banyak kemarahan berasal dari harapan yang tidak realistis terhadap orang lain, kondisi, bahkan pada diri kita sendiri”. Terutama pada saat berpuasa, kita biasanya sering berekspektasi orang lain akan mengerti dan memahami kita, atau pasangan lebih perhatian kepada kita, serta banyak hal lainnya. Tentu berekspektasi bisa membuat kita menjadi frustasi dan kesal sendiri bila tidak kesampaian. Untuk itu, sebaiknya kita bisa mengontrol ekspektasi tersebut.


3. Meditasi

3 Jenis meditasi sederhana dan manfaatnya | merdeka.com

Foto: merdeka.com

Dalam sebuah penelitian, yang diterbitkan pada 2017 di Mindfulness, para peneliti menemukan bahwa peserta yang berlatih meditasi setiap hari selama tiga minggu, secara substansial bisa mengurangi perilaku agresifnya. Selama bulan puasa, sebagai seorang muslim, kita bisa bermeditasi dengan berdzikir. Dzikir dapat dilakukan saat setalah shalat atau saat beritikaf di masjid. Ini bisa membantu menentramkan hati.


4. Tarik Napas Dalam-dalam

Ketika kita mulai merasa emosi dan kesal terhadap sesuatu, kita bisa mengontrol rasa amarah tersebut dengan menarik napas dalam-dalam dari hidung, dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Menarik napas dalam-dalam dapat mengurangi gejolak psikologis. Secara khusus, hal ini bisa membantu memperlambat detak jantung dan menjaga pikiran kita tetap fokus pada hal lain di luar sumber stres atau yang membuat kita kesal. Dengan begitu emosi dan rasa amarah pada diri kita dapat berkurang.


5. Rajin Olahraga

Rajin Olahraga di Usia Pertengahan Mampu Perpanjang Usia

Foto: pmjnews.com

Berpuasa jangan dijadikan alasan untuk kita malas berolahraga. Kita bisa berolahraga ringan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.  Selain itu olahraga dapat merangsang pelepasan zat kimia di otak yang membuat kita merasa nyaman. Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan pada 2019 di Acta Scientific Medical Sciences, menemukan bahwa olahraga adalah cara yang efektif untuk mengelola amarah.


6. Membayangkan Hal-hal Positif

Cara Mengendalikan Emosi Saat Trading – Java Global Futures

Foto: javafx.news

Ketika kita mulai merasa marah dan kesal terhadap seseorang ataupun hal-hal lain, kita bisa mencoba untuk mengingat hal-hal baik yang pernah mereka lakukan pada kita. Ingat saja bahwa setiap manusia pernah berbuat salah, kita perlu untuk memaafkannya dan coba untuk mengingat kebaikan yang pernah dilakukan.


7. Tidur yang Cukup

Bahaya! Tidur dengan Lampu Menyala Ternyata Punya 4 Dampak Buruk bagi  Tubuh, Simak Selengkapnya - Jurnal Palopo

Foto: junalpalopo.pikiran-rakyat.com

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 di jurnal Sleep, para peneliti menganalisis catatan harian 202 mahasiswa, dan meneliti tidur, pemicu stres harian, dan kemarahan mereka selama sebulan. Para mahasiswa melaporkan merasa lebih marah pada hari-hari mereka kurang tidur daripada pada hari-hari mereka tidur dengan cukup. Selama berpuasa, tentu kita harus bangun lebih awal untuk sahur. Maka dari itu, ada baiknya jangan tidur terlalu larut yang bisa membuat kita jadi kekurangan tidur.

Sumber : Belajar sabar saat puasa


 📢📢📢 Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amal sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌿 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌿 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌿 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :