thumbnail

Programmer Cilik Sukses Membuat 9 Aplikasi di Usia 12 Tahun

08 November 2021

Membuat 9 aplikasi diusia anak-anak? Wah, kok bisa sih? Simak kisahnya berikut ini.

Ikut kursus online di Stanford University ketika berusia 6 tahun

Dalam wawancara bersama Berita Anak Surabaya (BASRA), anak laki-laki berusia 12 tahun yang tinggal di Melbourne, Australia, ini bercerita tentang pengalamannya mengikuti kursus coding. Kala itu Yuma Soerianto masih berumur 6 tahun. Yuma juga belajar membuat website dari berbagai web dan kursus online yang diadakan oleh Stanford University. Dan hebatnya, di usia 9 tahun ia sukses membuat aplikasi pertamanya bernama Kid Calculator. 


Menerima beasiswa Apple Worldwide Developer Conference 

Ya, anak hebat ini berhasil meraih beasiswa dari konferensi paling bergengsi bagi para developer aplikasi, yaitu beasiswa Apple Worldwide Developer Conference (WWDC). Kerennya lagi, Yuma berhasil mendapatkan beasiswa ini 3 tahun berturut-turut di Tahun 2017, 2018 dan 2019.

Berkat kecerdasannya, Yuma berkesempatan bertemu dengan orang-orang hebat yang inspiratif lainnya, seperti CEO Apple, Tim Cook, dan mantan first lady Amerika Serikat, Michelle Obama. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi pembicara di konferensi internasional di beberapa negara, seperti Indonesia, Singapura, Australia, Mesir dan China.


Coding, hobi dan peran orangtua dalam membuat aplikasi

Meski unggul di dunia coding, Yuma tetaplah anak-anak yang memiliki kegiatan favorit lainnya, yakni main piano, main video games, nonton Youtube, dan bermain dengan teman-temannya. Olahraga taekwondo juga ia sukai dan sudah meraih sabuk hitam. Wah, keren banget!

Mengulik peran orang tua, ayah Yuma yang merupakan seorang desainer grafis sangat berperan besar dalam pembuatan aplikasi karyanya. Karena ayahnya yang membantu mengubah sketsa menjadi bentuk digital. Bagaimanapun, aplikasi yang bagus juga perlu user interface dan grafis yang bagus. Dan selebihnya, bagian coding dan design sketsa murni hasil karya Yuma sendiri.

Biasanya, Yuma ngoding selama 1-2 jam dan tidak setiap hari, hanya saat senggang dan jika sedang ada proyek saja.


9 aplikasi buatan Yuma

Sejauh ini, Yuma telah membuat 9 aplikasi, yakni Kid Calculator, Weather Duck, Pocket Pokè for Pokèmon, Hunger Button, Let’s Stack, Let’s Stack AR (Augmented Reality, permainan tantangan menyusun balok setinggi-tingginya), Fireworks Builder AR, Weather Duck for Apple Watch dan Swipy Trash. 


Tips dari Yuma buat pemula di dunia coding

Yuma ingin terus berbagi ilmu coding agar anak-anak seusianya juga paham dan bisa melakukannya. Banyak referensi yang tersedia untuk belajar coding, termasuk akun Youtube-nya, Anyone Can Code. Ada juga aplikasi Swift Playgrounds yang dibuat oleh Apple. 

Yuma percaya, coding itu sangat powerful untuk mengubah dunia menjadi lebih baik dan akan jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, ia juga berpesan agar anak-anak harus memulainya lebih awal, karena manusia dan dunia ini jadi lebih baik berkat teknologi. Tentu, selain mempelajari caranya, kita tetap harus ikuti mimpi dan passion. Jangan menyerah, tetap bertahan!

Sumber :

https://mommiesdaily.com/2020/09/09/yuma-soerianto-anak-cerdas-pembuat-9-aplikasi/



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :