thumbnail

Politisi Muslim Pertama yang Berhijab di DPR Amerika Serikat

01 November 2021

Menjadi politisi merupakan cita-cita dan kebanggaan tersendiri untuk banyak orang. Hal itu juga yang dirasakan oleh Ilhan Abdullah Omar, perempuan muslim asal Mogadishu, Somalia. Ilhan berhasil menjadi anggota DPR Amerika Serikat untuk Minnesota's 5th congressional districk sejak 2019, setelah bergabung bersama Partai Demokrat. Ilhan Abdullah Omar menjadi wanita pertama yang menggunakan jilbab di DPR Amerika Serikat, setelah larangan penutup kepala diubah.


Keluarga

Mengulik masa kecil, Ilhan dan keluarganya pernah mengalami masa sulit. Saat itu, ia berusia delapan tahun bersama keluarganya melarikan diri dari Somalia yang dilanda perang saudara. Mereka terpaksa mengungsi di kamp pengungsi Dadaab di Garissa County, Kenya selama empat tahun sebelum tiba di New York pada Tahun 1992.

Kemudian di Tahun 1995, mereka mendapatkan suaka di AS dan menetap di Minneapolis, tempat ayahnya bekerja sebagai supir taksi sebelum mendapatkan pekerjaan di kantor pos. Ilhan sendiri menjadi warga negara AS pada tahun 2000. Kemudian ia belajar di Edison High School dan menjadi sukarelawan pengelola siswa. Selang 11 tahun, Ilhan berhasil memperoleh gelar sarjana di bidang ilmu politik dan studi internasional dari North Dakota State University.


Awal Karir

Mengawali karir, Ilhan Omar sempat bekerja sebagai community nutrition educator di University of Minnesota pada 2006. Saat itu Ia bekerja di area Greater Minneapolis – Saint Paul. Sejak Tahun 2012 sampa 2013, ia menjadi koordinator penjangkauan nutrisi anak di Departemen Pendidikan Minnesota. Tahun 2012 juga menjadi tahun pertama bagi Ilhan mengenal dunia politik. Ketika itu ia menjadi manajer kampanye pemilihan kembali Kari Dziedzic untuk Senat Negara Bagian Minnesota.


Karir Politik

Setelah awal perkenalan dengan dunia politik di Tahun 2012, Ilhan dipercaya mengelola kampanye sukses Andrew Johnson untuk Dewan Kota Minneapolis dan kemudian menjabat sebagai Pembantu Kebijakan Senior pada Tahun 2013 sampai 2015.

Semangat berpolitik Ilhan pun terus berlanjut. Hal Ini ia buktikan dengan mencalonkan diri untuk Dewan Perwakilan Minnesota dari Partai DFL di Distrik 60B. Pada Agustus 2016, Ilhan memang atas lawannya, Abdimalik Askar dalam pemilihan pendahuluan DFL Kemenangan ini seklaigus menjadikan ia legislator Amerika Somalia pertama di Amerika Serikat.

Tidak berhenti disitu, Ilhan juga menjabat sebagai Asisten Pemimpin Minoritas untuk kaukus DFL. Dia ikut menulis setidaknya 266 RUU selama sesi legislatif dari Tahun 2017 sampai 2018. Tidak puas, Ilhan Omar kembali  mencalonkan diri untuk Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari distrik kongres ke-5 Minnesota dan berhasil menang atas lawannya, Jennifer Zielinski dari Partai Republik.


Sumber :

https://kupang.tribunnews.com/2020/10/05/profil-dan-biodata-lengkap-ilhan-omar-imigran-somalia-yang-sukses-jadi-anggota-dpr-amerika-serikat?page=all



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :