thumbnail

Daftar Pertanyaan Taaruf Untuk Calon Suami Dan Istri

21 April 2022

Pertanyaan taaruf untuk calon suami dan istri –  Sahabat Muslim ingin segera memiliki pasangan hidup melalui taaruf? Etika taaruf dalam Islam ialah tidak membolehkan pihak laki-laki dan perempuan untuk bertemu tanpa disertai oleh mahram pihak wanita. Untuk itu, Sahabat Muslim harus mempersiapkan pertanyaan taaruf yang tepat untuk calon pasangan sebagai cara memantapkan pilihan.

 

1. Pertanyaan taaruf untuk calon suami

Pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral dalam Islam. pertanyaan-pertanyaan berikut ini bisa Sahabat Muslim muslim gunakan untuk menambah keyakinan dalam memilih pasangan yang tepat. Khusus untuk para muslimah yang taat, berikut ini beberapa pertanyaan taaruf yang bisa Sahabat Muslim tanyakan kepada calon suami kelak.

daftar pertanyaan taaruf untuk calon suami
1.1 Apa tujuan dia tertarik melakukan taaruf?

Bukan asal mengajukan pertanyaan, Sahabat Muslim bisa memulai dengan pertanyaan sederhana seperti alasan dia melakukan taaruf. Apakah pihak lelaki tersebut memang ingin menghindari dosa zina, sekedar ikut-ikutan trend atau malah hanya karena penasaran terhadap Sahabat Muslim.

Jangan lupa tetap berdoa pada Allah SWT agar dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan meminta pertolongan untuk diberikan pilihan terbaik dari-Nya.

1.2 Apa visi dan misi setelah menikah nanti?

Saat melakukan pertukaran CV, mungkin visi dan misi taaruf sudah dibahas. Akan tetapi, tidak ada salahnya Sahabat Muslim menanyakan langsung perihal ini saat bertemu. Hal ini berguna untuk memastikan apa yang tertera dalam CV taaruf sesuai.

Baca juga:
Isi CV Taaruf Dan Cara Membuatnya

1.3 Sudah sejauh mana kesiapan dalam pernikahan?

Pertanyaan taaruf untuk calon suami yang bisa Sahabat Muslim ajukan selanjutnya akan menjadi salah satu penentu utama kelanjutan proses taaruf tersebut. Pada tahap ini, Sahabat Muslim harus bisa melihat apakah dia benar-benar siap menikah secara lahir batin atau hanya karena coba-coba peruntungan dalam mencari jodoh. Tanyakan ikhtiar apa saja yang sudah dilakukan untuk menikah.

1.4 Tanyakan tentang kepribadiannya

Sahabat Muslim sangat membutuhkan informasi tentang kepribadian calon pasangan. Meliputi tentang ibadah, usia, riwayat sekolah, riwayat penyakit, pekerjaan, hobi bahkan kebiasaan sehari-hari yang dilakukannya. Dengan begini, Sahabat Muslim lebih mudah mengetahui kepribadian seseorang dan pastinya akan mempengaruhi keputusan akhir taaruf.

1.5 Tanyakan gambaran kondisi keuangannya

Mungkin keuangan menjadi persoalan yang cukup sensitif jika dibahas. Akan tetapi, hal ini juga sangat penting dalam pertimbangan pihak wanita. Bukan soal kekayaan materi yang dimiliki calon suami saat ini yang jadi pertimbangan, Melainkan bagaimana pemahaman calon suami tentang kewajiban memberikan nafkah yang halal dan baik bagi keluarganya kelak. Nafkah halal kepada istri adalah salah satu poin penting bagi pihak laki-laki untuk memastikan keberlangsungan rumah tangga agar terhindar dari dosa-dosa riba.

 

2. Pertanyaan taaruf untuk calon istri

Jika diatas adalah beberapa pertanyaan yang kerap diajukan calon istri kepada calon suami, berikut ini beberapa pertanyaan yang sekiranya bisa ditanyakan calon suami kepada calon istri. Sahabat Muslim bisa mengikutinya untuk mengenal pihak wanita lebih dekat.

daftar pertanyaan taaruf untuk calon istri
2.1 Tanyakan tentang ibadahnya

Sahabat Muslim bisa memulai dengan pertanyaan mengenai ibadah shalat lima waktunya karena wanita yang tidak meninggalkan shala insyaallah lebih patuh terhadap suaminya.

2.2 Tanyakan hubungannya dengan keluarga

Cara seorang wanita berinteraksi dengan ayahnya menjadi cerminan saat dia berinteraksi dengan suaminya kelak. Sahabat Muslim bisa melihat bagaimana hubungan calon istri dengan ayah, ibu bahkan saudaranya.

2.3 Tanyakan visinya dalam pendidikan anak

Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Sahabat Muslim harus menanyakan hal ini pada calon istri. Bagaimana pandangannya tentang anak-anak dan bagaimana visinya dalam mendidik anak kelak.

2.4 Tanyakan bagaimana sikapnya menghadapi masalah

Cara calon istri menyikapi masalah menjadi hal terpenting untuk Sahabat Muslim ketahui. Apakah calon istri lebih suka mengadukan segala sesuatu pada Allah, mencari solusi bersama suami atau memiliki kecenderungan bercerita pada orang lain. Alangkah lebih baik jika calon istri merupakan tipe yang bisa bekerjasama.

2.5 Tanyakan cara mengelola keuangan

Pertanyaan terakhir ini untuk mengetahui apakah pihak wanita pandai menjaga harta suami atau tidak. Kemampuan mengelola keuangan keluarga akan berdampak terhadap kelangsungan rumah tangga di masa depan.

 

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pertanyaan taaruf untuk calon suami dan calon istri yang bisa Sahabat Muslim ajukan. Sahabat Muslim bisa mengajukan pertanyaan tambahan lain sebagai bahan pertimbangan / seleksi kriteria calon pasangan kelak. Karena membangun rumah tangga bukan hanya membangun hubungan singkat saja akan tetapi seumur hidup, bahkan hingga membangun peradaban Islam yang mulia yang dimulai dari tingkat keluarga. Semoga bermanfaat dan dimudahkan urusan perjodohannya!

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :