thumbnail

Musim Hujan? Perbanyak Berdoa Yuk!

18 Oktober 2022

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan di beberapa wilayah terjadi banjir akibat curah hujan yang tinggi. Pada dasarnya hujan merupakan bentuk rahmat yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada manusia, karena dengan adanya air hujan yang turun dapat menghidupi banyak makhluk hidup. Namun akibat ulah manusia yang tidak baik, hujan yang seharusnya mendatangkan rahmat malah dapat menyebabkan bencana. Menurut hadist Rasulullah, waktu turunnya hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa,

الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

"Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, Menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun."

Adapun beberapa doa yang dapat diamalkan saat hujan turun adalah sebagai berikut:


1. Doa Umum Saat Hujan Turun

Prakiraan Cuaca BMKG: Potensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang di  Sebagian Jakarta dan Bodebek

Photo: Kompas

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

"Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami yang bermanfaat." (HR. Bukhari Muslim)


2. Doa Saat Turun Hujan Deras

Sudah Masuk Musim Kemarau tapi Hujan Masih Turun, Kok Bisa? Halaman all -  Kompas.com

Photo: Kompas

Saat hujan lebat, kita dianjurkan untuk berdoa agar diberikan perlindungan dan dijauhkan dari bahaya dan bencana.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Bukhari Muslim)


3. Doa Turun Hujan dan Angin Kencang

Hujan dan Angin Kencang di Solo, Pohon Tumbang dan Lampion Rusak - Nasional  Tempo.co

Photo: Tempo

Hujan yang disertai angin kencang biasanya dapat membahayakan banyak orang, karena bisa menerbangkan banyak benda-benda. Untuk berlindung dari bahaya tersebut kita dapat membaca doa tersebut:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

"Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

 

4. Doa Turun Hujan Disertai Petir

Cuaca Indonesia 28 Maret, Hujan Petir Bakal Landa Surabaya

Photo: Bisnis.com

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

"Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya." (HR. Imam Malik)

Itulah doa-doa yang dapat diamalkan saat hujan turun. Selain doa-doa tersebut, kita juga dapat berdoa yang lain karena saat hujan turun merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah Ta’ala.

Sumber: Doa-Doa


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :