thumbnail

#MenjawabKeresahan Dosakah Baca Al-Qur'an dengan Terbata-bata?

09 Januari 2023

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'I dan Ibnu Majah)


Kabar baik bagi Muslim yang belum mampu membaca Al-Qur'an secara tartil

Pahala membaca Al-Qur'an terbata-bata, yaitu 2 kali lipat. Dari salah satu ceramah Buya Yahya, beliau menyampaikan bahwa pahala yang satu untuk kesediaannya membaca Al-Qur'an dan yang ke-dua untuk usahanya saat membaca huruf - huruf dalam Al-Qur'an.


Tidak ada batas waktu untuk belajar Al-Qur'an. Begitu banyak keutamaan membaca Al Qur’an yang sangat memotivasi seseorang agar semakin semangat belajar dan memperbanyak bacaan Al-Quran.

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya” [HR. Muslim 804]

Allahu A'lam.

Referensi: baca al-quran meskipun terbata-bata


Kini belajar tajwid dan membaca Al-Qur'an makin mudah melalui Aplikasi Muslimlife.

Bisa belajar Al-Qur'an kapan saja dan darimana saja bersama Ustadz dan Ustadzah yang sudah bersanad. Yuk dowload segera!


#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :