thumbnail

Menikah hingga Memperbanyak Istighfar. Berikut 8 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

07 Maret 2022

Bismillah. Allah Maha Baik dengan segala kuasa tidak akan melewatkan rezeki untuk setiap makhluknya. Hewan dan tumbuhan pun sudah Allah jamin rezekinya. Namun tentu saja, manusia harus membarenginya dengan usaha dan do'a. Berikut amalan-amalan yang dapat membuka pintu rezeki, yakni :


1. Takwa, Tawakal dan Istiqamah

Hijrah yang istiqomah - Article - Plimbi Social Journalism | Plimbi.com

Foto : plimbi.com

Salah satu faedah bertakwa yakni akan diberi jalan keluar dan rezeki dari cara atau jalan yang tidak disang-sangka.Adapun faedah bertawakal yakni akan diberikan kecukupan, Insyaa Allah. Dalam Al-Qur'an surat Ath Thalaq ayat 2 dan 3, Allah Ta’ala berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2)

يَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (3)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Keutamaan istiqamah lainnya adalah dibukakan pintu rezeki dalam bentuk hujan. Hal ini sesuai kandungan Al-Qur'an surat Al-Jin ayat 16 dan 17 :

وَأَن لَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُم مَّاءً غَدَقًا

“Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap istiqamah (berjalan lurus di atas jalan itu, pada jalan agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak).” 

Dengan begitu, mari tingkatkan ketakwaan dengan terus menjalankan kewajiban dan melengkapinya dengan amalan sunnah. 


2. Memperbanyak istighfar (memohon ampun kepada Allah Ta'ala)

Arti Istighfar dan Manfaatnya - Kartun Muslimah

Foto : kartunmuslimah.com

Dalam surat Nuh ayat 10 sampai dengan 12, Allah Ta’ala berfirman :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Rabbmu (beristighfarlah), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” 

Untuk itu, Mari sama-sama kita tinggalkan dosa serta maksiat dan beristighfar kepada Allah. Sungguh, Allah yang Maha Baik lagi Maha Pengampun. Semoga Allah memberi taufik kepada kita semua untuk terus memperbanyak istighfar.


3. Berbuat baik dengan orang tua dan kerabat 

Silaturahmi Setiap Hari secara Virtual Mampu Menstimulus Kinerja Sistem Imun

Foto : biz.kompas.com

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim).” (HR. Ahmad, 3:229; 3:266. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa hadits ini shahih, sanad hadits ini hasan dari jalur Maimun bin Sayah dan di bawahnya tsiqah).

Diantara cara berbaikti dengan orang tua ialah :

  1. Menuruti perintah orang tua (dalam urusan yang haq)
  2. Tidak menyakiti hati keduanya
  3. Berakhlak mulia di hadapan orang tua
  4. Mendahulukan perintah orang tua daripada perkara sunnah
  5. Membahagiakan orang tua, ketika mereka telah tiada


4. Memperbanyak sedekah

Memotivasi dalam Sedekah Halaman 1 - Kompasiana.com

Foto : kompasiana.com

Dalam Al-Qur'an Surat Saba' ayat 39, Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” 

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

« إِنَّ اللَّهَ قَالَ لِى أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ » »

“Allah Ta’ala berfirman padaku, ‘Berinfaklah kamu, niscaya Aku akan berinfak (memberikan ganti) kepadamu.’” (HR. Bukhari, no. 4684; Muslim, no. 993)

Bersedekah tidaklah sia-sia. Allah akan memberikan balasan yang jauh lebih baik dan pahala yang begitu besar. Orang yang gemar bersedekah akan selalu tenang, tidak dipenuhi rasa khawatir akan masa depan dan tidak pula bersedih dengan apa yang ia tinggalkan di masa lalu.


5. Menikah akan membuka pintu rezeki

jelaskan pengertian nikah menurut islam - Brainly.co.id

Foto : brainly.com

Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat  An-Nuur ayat 32 :

وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” 

 Lalu dari ayat di atas, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

اِلْتَمِسُوا الغِنَى فِي النِّكَاحِ

“Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.”  (Diriwayatkan  dari Ibnu Jarir). Imam Al-Baghawi menyatakan pula bahwa ‘Umar menyatakan seperti itu pula.


6. Shalat Dhuha membuka pintu rezeki

Gambar Ramadhan Berdoa Di Shalat, Shalat, Islam, Anak PNG Transparan  Clipart dan File PSD untuk Unduh Gratis

Foto : id.pngtree.com

Dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghathafaniy radhiyallahu ‘anhu, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat pada awal siang (pada waktu Dhuha) supaya engkau tercukupi pada akhir siang.” (HR. Ahmad, 5:286, Abu Daud, no. 1289, Tirmidzi, no. 475, Ad-Darimi, no. 1451. Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini sahih).


7.  Melakukan haji dan umrah

Kemenag Konsel Tetap Laksanakan Persiapan Pemberangkatan Haji

Foto : zonasultra.com

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. Tirmidzi no. 810, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Silsilah As-Shahihah no. 1200)

Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri rahimahullah menjelaskan maksud dari menghilangkan kemiskinan bisa bermakna dzahir yakni terwujudnya kecukupan harta dan bisa juga bermakna batin yakni terwujudnya kekayaan dalam hati (Tuhfatul Ahwazi 3/635). 


8. Memperbanyak doa 

Pin on planners

Foto : id.pinterest.com

Setiap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat Shubuh, setelah salam beliau membaca do’a berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, lalu laki-laki tersebut berkata :

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Rasulullah bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36, 2697)


Dan masih banyak do'a lain yang Rasulullah contohkan. Untuk itu, jangan lupakan do'a dalam keadaan senang maupun susah. Semoga Allah memudahkan urusan-urusan kita dan menerima amal baik kita, Aamiin.

Demikian, Allahu a’lam.

Referensi :

https://rumaysho.com/26275-khutbah-jumat-10-amalan-pembuka-pintu-rezeki.html

https://muslim.or.id/26279-haji-dan-umrah-bisa-menghilangkan-kemiskinan.html



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :