thumbnail

Mengulik Tentang Tinta Cumi-cumi

16 Mei 2022

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Cumi dan Sotong! - Food Fimela.com

Foto: fimela.com

Kamu pencinta seafood? Bagi pencinta seafood hidangan berbahan cumi-cumi menjadi salah satu primadona hidangan yang selalu dinantikan-nantikan. Cumi-cumi disajikan dalam berbagai varian masakan, mulai dari cumi goreng, cumi saus, hingga sambal cumi. Namun bagi beberapa muslim pencinta seafood, memakan cumi-cumi menjadi ketakutan tersendiri karena memiliki tinta yang dianggap dapat haram apalagi cumi-cumi sulit dipisahkan dan dibersihkan secara total dari tintanya.


Benarkah tinta pada cumi-cumi haram?

Ada beberapa faktor yang dapat dijadikan sebagai acuan apakah cumi-cumi termasuk golongan yang haram untuk dimakan atau halal untuk dimakan. Berikut penjelasannya.


1. Cumi-cumi adalah hewan laut

Mengenal Cumi-Cumi, Hewan Laut yang Membumi - Agrozine

Foto: agrozine.id

Cumi termasuk kedalam jenis hewan laut yang didalam hadist sudah sangat jelas dikatakan bahwa  hewan laut adalah halal, bahkan bangkai hewan laut juga halal. Dalam hadist dijelaskan:

هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ

Laut itu suci airnya dan halal bangkainya” [Silsilah Al Hadist Al Shahihahh no.480]


2. Cumi-cumi merupakan hewan buruan laut

Peneliti Temukan Cumi-cumi Terdalam 6,2 Km di Bawah Laut

Foto: cnnindonesia.com

Hewan buruan laut asal hukumnya adalah halal, sehingga cumi juga halal untuk dikonsumsi. Dalam firman-Nya, Allah Ta’ala mengatakan:

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ

dihalalkan bagimu buruan laut dan makanan yang ada di laut” [QS. Al Maidah : 96]


3. Tinta cumi bukanlah darah

Manfaat Tinta Cumi, Dari Penyedap Masakan Hingga Antioksidan - Semua  Halaman - Grid Health

Foto: health.grid.id

Mungkin mnurut beberapa muslim menganggap bahwa tinta pada cumi-cumi merupakan darah sehingga ragu untuk mengkonsumsinya. Tinta pada cumi-cumi bukanlah darah ataupun hasil dari pencernaan sehingga tidak dapat dikatakan sebagai darah ataupun kotoran yang najis.


4. Pendapat ulama

Apabila ada pendapat ulama, maka kita perlu menimbang dengan dalil dan pendapat ulama yang lainnya, serta kita perlu mencari pendapat yang rajih dan lebih kuat. Dalilnya jelas mengatakan bahwa cumi itu halal karena hewan laut, bahkan telah menjadi bangkai saja tetap halal.

Berikut nukilan pendapat ulama yang menyatakan bahwa tinta hitam cumi haram. Dalam Bughyah al-Mustarsyidin:

الذي يظهر أنّ الشيء الأسود الذي يوجد في بعض الحيتان وليس بدم ولا لحم نجس, إذ صريح عبارة التحفة أنّ كلّ شيء في الباطن خارج عن أجزاء الحيوان نجس, ومنه هذا الأسود للعلّة المذكورة إذ هو دم أو شبهة

Cairan hitam yang ditemukan pada sebagian makhluk laut dan bukan merupakan daging ataupun darah dihukumi najis. Sebab teks dalam kitab Tuhfah menegaskan bahwa sesungguhnya setiap sesuatu yang berada di bagian dalam adalah sesuatu yang bukan termasuk dari juz (juz/organ) hewan dan dihukumi najis, termasuk cairan hitam ini, karena alasan yang telah dijelaskan. Sebab cairan hitam ini sejatinya adalah darah atau serupa (dengan darah)”  [Syekh Abdurrahman bin Muhammad Ba’lawi, Bughyah al-Mustarsyidin, hal. 15]

Dari beberapa alasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa cumi-cumi halal untuk dikonsumsi.

Referensi: apakah tinta hitam cumi haram

 

Yuk berbernah diri dan memperbanyak amal baik💪🏻 Mari berdonasi, ikutan event, menyimak tausiyah & konten bermanfaat serta hal positif lainnya🤩 Bersama Muslimlife, ayo bergerak lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :