thumbnail

Mengelola Uang dan Harta Menurut Islam

25 Maret 2022

Islam agama yang sempurna. Hal-hal kecil hingga besar dari semua aspek kehidupan sudah diatur dalam Al-Quran dan Hadist. Termasuk juga mengenai pengelolaan uang dan harta. Dalam surah Al-Isra ayat 26 s.d 27, Allah berfirman :

“Dan janganlah kalian menghambur-hamburkan harta secara boros, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan, dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya”.

Gambar Kartun Ilustrasi Harta Karun Kuning, Peti Harta Karun Kuning, Koin  Emas Kuning, Kepala Putih PNG Transparan Clipart dan File PSD untuk Unduh  Gratis

Foto : id.pngtree.com

Muslim yang taat pastinya sangat memperhatikan tindakan yang diizinkan (halal) dan meninggalkan yang dilarang (haram) sesuai aturan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Allah berfirman dalam Al-Baqarah ayat 188 :

“Dan janganlah sebagian dari kalian memakan harta satu sama lain secara tidak adil dan janganlah memberikan harta tersebut (dengan cara suap) kepada para penguasa agar membantu kalian untuk memakan sebagian dari harta benda orang lain dengan jalan berbuat dosa, sementara kalian tahu (itu melanggar hukum)”.

Lalu, bagaimana cara mengelola uang dan harta sesuai aturan Islam? Berikut ulasan tips mengatur keuangan sesuai syariah. 


1. Mengurangi Utang

Tips Mengalahkan Hutang

Foto : akuntansi.uma.ac.id

Saling pinjam-meminjam adalah hal biasa antara sesama kerabat maupun saudara. Pinjam atau biasa dikatakan sebagai hutang, boleh dilakukan antara muslim dan juga diperbolehkan kepada non-muslim.

Agar tidak lupa dan merugikan salah satu pihak, dalam hutang-piutang dianjurkan untuk mencatat jumlah dan perjanjian hutang yang disaksikan oleh orang lain. Seperti dijelaskan pada surah Al-Baqarah ayat 282 :

“Hai orang-orang beriman, apabila kalian melakukan muamalah (transaksi keuangan atau perjanjian yang dilakukan oleh manusia) tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, maka hendaklah kalian menuliskannya. Hendaklah seorang penulis diantara kalian menuliskannya dengan adil. Dan janganlah penulis tersebut enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berutang itu mengamalkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada utangnya.”

Islam tidak menganjurkan untuk berhutang, kecuali sedang dalam kondisi mendesak dan darurat saja. Sehingga jika masih ada hutang yang belum selesai, usahaka agar segera melunasi. Dalam Islam, hukum melunasi hutang adalah wajib. Begitupun ketika muslim meninggal dunia, maka ahli warisnya wajib melunasi utangnya. Wallahu A'lam.


2. Rumus 1-1-1

Salah satu cara mengatur keuangan ala sahabat nabi, Salman Al-Farisi ialah menggunakan rumus 1-1-1. Rumus 1-1-1 dibuat ketika Salman Al-Farizi yang mempunyai modal uang 1 dirham, kemudian beliau menggunakan uang tersebut untuk membuat anyaman  dan dijual seharga 3 dirham.

Sehingga dengan keuntungan 3 dirham tersebut, Salman membaginya menjadi:

  • 1 dirham untuk keperluan keluarga
  • 1 dirham untuk sedekah
  • 1 dirham untuk modal usaha


3. Menyisihkan Uang Untuk Modal Usaha

Modal awal dan keuntungan membuka usaha konter.

Foto : maxoke.com

Langkah yang sangat baik untuk diterapkan selanjutnya  adalah menyisihkan penghasilan atau gaji perbulannya menjadi modal usaha, membeli aset, atau juga berinvestasi. Kemudian yang harus dihindari adalah hasil keuntungan usaha jangan sampai digunakan untuk keperluan konsumtif.


Menurut Robert T.Kiyosaki, yang membedakan antara orang kaya dengan orang kelas menengah dan orang miskin adalah orang-orang kaya gemar membeli aset. Sedangkan orang kelas menengah dan miskin gemar menghabiskan uang untuk kebutuhan konsumtif.

Tidak jarang juga bahwa terkadang orang-orang kelas menengah mengira mereka telah membeli aset, namun ternyata yang dibeli adalah liabilitas (barang konsumtif). 

Contoh yang sering terjadi di sekeliling kita yaitu orang yang  membeli mobil dengan cara mengajukan pinjaman hanya untuk bermaper dan menjaga gengsi. Dan akhirnya, ia akan terlilit beban hutang, biaya perawatan, dan lainnya. Ini contoh liabilitas yang sangat sering terjadi.

Untuk menghindari itu, maka sebaiknya mobil yang dibeli digunakan untuk usaha barang logistik atau berjualan. Dengan begitu, maka mobil yang dibeli tersebut juga dapat menghasilkan keuntungan dan bisa dimanfaatkan.


4. Menabung

13 Tips Menabung Untuk Pelajar | SD, SMP, SMA & Mahasiswa

Foto : batasketik.com

Dalam Islam, konsep uang sebainya ada aset atau barang yang menghasilkan keuntungan. Untuk itulah, menabung dan berinvestasi sebaiknya dalam bentuk aset. Pada hadist riwayat Bukhari disebutkan bahwa :

“Simpanlah sebagian dari harta kalian untuk kebaikan masa depan kalian, karena itu jauh lebih baik.”

Menabung sangat penting agar memiliki cadangan uang untuk hal-hal tidak terduga yang dapat digunakan kapan saja. Maka, yuk mulai dari sekarang biasakan menabung dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit hingga bertambah seiring waktu.


5. Memiliki Dana Darurat

Musibah dan kejadian tidak terduga mungkin saja terjadi dan tidak ada yang tau kapan waktunya. Untuk itulah  pentingnya berikhtiar dan berusaha berjaga-jaga menghadapi masa depan, yakni dengan mempersiakan dana darurat untuk berjaga-jaga.


6. Zakat, Infaq dan Sedekah

Mempercepat Zakat Mal dan Fitrah menurut Hukum Islam | NU Online

Foto : islam.nu.or.id

Zakat adalah salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan, karena 2,5% dari rezeki kita ada hak fakir miskin di dalamnya. Kemudian untuk infaq dan sedekah adalah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Untuk itu, jangan lupa menyisihkan penghasilan atau gaji setiap bulannya untuk berbagi, membantu dan menebar kasi sayang kepada sesama dengan mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah.

Allah Ta'ala berfirman dalam surah At Taubah ayat 103 :

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ 

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut, Anda membersihkan dan mensucikan mereka.”


Kemudian dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah Ta'ala berfirman :

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai (bulir), pada tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”


7. Hidup Sederhana

Rasulullah dan Bunda Khadijah adalah contoh sosok muslim yang kaya raya, namun tetap hidup dalam kesederhanaan. Harta kekayaan Rasulullah dan istrinya digunakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, membantu fakir miskin dan menyebarkan dakwah Islam. Dan sebaik-baik contoh adalah Rasulullah. Untuk itu, jadilah muslim yang bahagia dengan kesederhanaan, jauh dari sifat serakah dan tamak.

Dalam surah Al-A'raf ayat 31, Allah Ta'ala berfirman :

 يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”

Maka, muslim yang taat tentunya membelanjakan  semua kebutuhan sesuai dengan yang diperlukan dan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Wallahu A'lam.


🚨🚨🚨Dapatkan penjelasan lebih detail cara mengatur keuangan secara syar'i pada Kelas Keuangan Keluarga Islam, dengan berlangganan video premium di Aplikasi Muslimlife.

✅Cuma 500/hari❣️

✅Dengan berlangganan, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

✅Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

✅Metode pembayaran mudah & beragam

✅Ada 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

✅Nikmati berbagai fitur berfaedah lainnya🤩


Belajar lebih seru bersama Muslimlife💌

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin🤲

Referensi : mengatur keuangan dalam islam



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :