thumbnail

Menerima Takdir Allah

27 Juli 2022

Takdir dalam Islam

Foto: alkhoirot.net

Dalam bahasa Arab, takdir berarti ketetapan, ketentuan, ukuran, atau takaran. Istilahnya adalah ketetapan yang sudah diatur Allah Ta'ala sejak zaman azali, Frman Allah Ta'ala:

“Tiadalah sesuatu bencana yang menimpa bumi dan pada dirimu sekalian, melainkan sudah tersurat dalam kitab [lauh al-mahfuz] dahulu sebelum kejadiannya” (QS. Al-Hadid [57]: 22)


Kemudian, sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam:

"Allah Ta'ala telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi" (H.R. Muslim)

Secara umum, ada 2 macam takdir yang Allah Ta'ala tentukan, yaitu Muallaq dan Mubram. Kemudian, disebut takdir apakah takdir yang tidak bisa diubah? Berikut ulasannya.


Macam-macam Takdir

Memahami Takdir Allah Dengan Benar – Intersisi News

Foto: intersisinews.com

1. Takdir Muallaq

Takdir muallaq adalah takdir yang bisa diubah, meskipun sudah ditentukan, manusia masih bisa berperan mengganti atau mengubah takdir tersebut. Seperti dengan usaha dan ikhtiar manusia. Contoh takdir muallaq adalah kecerdasaran yang bisa diusahakan, tergantung manusia itu sendiri. Kemudian juga seperti kemiskinan yang masih bisa diusahakan dengan kerja keras.


2. Takdir Mubram

Takdir mubram adalah takdir yang tidak bisa diubah. Allah Ta'ala telah memberikan suatu ketentuan yang pasti pada semua manusia, sehingga kepastian tersebut tidak dapat digugat, karena bersifat pasti. Takdir mubram berkaitan dengan hukum alam (sunnatullah). Contoh takdir mubram adalah gravitasi bumi, bencana alam, kematian, kiamat, dan sebagainya.


Takdir yang Tidak Bisa Diubah

Materi dan kekayaan manusia termasuk dalam takdir muallaq. Karena manusia tentu bisa mengubahnya dengan berusaha dan ikhtiar. Namun kembali berdasarkan arti muallaq, tetaplah hal tersebut bergantung kepada kehendak Allah Ta'ala, di kabulkan atau tidak.

Referensi: 2 macam takdir Allahcontoh takdir muallaq dan mubram


Meyakini akan takdir Allah Ta'ala juga termasuk jalan bertakwa. Untuk itu, yuk Sahabat Muslimife semangat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Ta'ala dengan istiqomah berada di jalan yang Allah ridhai. Semoga kita termasuk hamba Allah yang Allah cintai, Aamiin.

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :