thumbnail

Mau Tidur? Eeets.. Baca Do'a Dulu yaa

30 Maret 2022

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Tanpa tidur, tubuh akan mengalami gangguan yang akan mempengaruhi kesehatan manusia. Dalam ajaran Islam, semua kegiatan harus diawali dengan doa, termasuk saat akan tidur maupun saat bangun tidur. Dengan berdoa setiap kegiatan yang kita lakukan akan dilindungi oleh Allah Ta’ala. Selain itu, berdoa merupakan bentuk rasa syukur manusia kepada Allah Ta’ala. Nah, bagaimana sih doa sebelum dan saat bangun tidur? Berikut merupakan bacaan doa sebelum dan saat bangun tidur beserta artinya.

Baca Doa Ini Saat Bangun Tidur Agar Tetap Semangat - Poskota Jabar

Foto : jabar.poskota.co.id

Doa sebelum tidur

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ

Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.

Selain membaca doa, Nabi Muhammad S'AW juga mengajarkan untuk melakukan beberapa hal sebelum tidur yaitu, mengambil wudhu, membaca ayat kursi, membaca dua kalimat syahadat, membersihkan tempat tidur, mengusapkan telapak tangan ke seluruh bagian tubuh, serta berbaring menghadap kanan. Kegiatan tersebut merupakan bentuk permintaan perlindungan kepada Allah Ta’ala agar melindungi kita dari gangguan yang tidak diinginkan saat tidur.


Doa saat bangun tidur

DO'A BANGUN TIDUR - SDU DAAR EL-DZIKIR

Foto : sdudaareldzikir.sch.id

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.

Saat bangun tidur Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan untuk melakukan hal-hal berikut, yaitu duduk dan mengusap wajah, membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali-Imran, mencuci tangan, membersihkan hidung, menggosok gigi, serta berwudhu. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah Ta’ala karena telah menjaga dan mengembalikan ruh kita.

Referensi : Doa sebelum dan sesudah bangun tidur



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :