thumbnail

Manfaat Puasa Arafah Dan Tarwiyah

20 Juni 2022

Manfaat Puasa Arafah Dan Tarwiyah - Puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah dilaksanakan oleh umat Islam dua hari sebelum Idul Adha. Meski hanya dilakukan dalam dua hari, ternyata puasa sunnah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Puasa berarti menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam.

 

Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Dari segi kesehatan, puasa bisa mengosongkan perut, yang otomatis mengistirahatkan saluran pencernaan. Dengan begitu, saluran pencernaan menjadi lebih optimal dari sebelumnya, mengeluarkan racun di organ pencernaan, sehingga mengurangi risiko organ pencernaan cepat rusak.

Sebuah penelitian dari Mesir menyebut puasa bisa memperpanjang umur. Hal ini karena selama puasa tubuh dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas, menekan sekresi insulin, dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula yang merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis.

Selain itu, puasa juga membantu seseorang mengontrol pola makan. Puasa juga memungkinkan Anda untuk memilih makanan sehat untuk dimakan saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, puasa juga membuat seseorang menahan diri dari makan dan minum secara berlebihan. Di bawah ini kami akan memberikan Manfaat Puasa Arafah Dan Tarwiyah.

Selengkapnya tentang manfaat puasa dari segi Kesehatan bisa Sahabat Muslim baca pada artikel "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh".

 

Hikmah & Manfaat Puasa Arafah

Puasa sunnah Arafah yang dilakukan di awal bulan Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan dengan para jamaah haji yang sedang wukuf di padang arafah. Puasa Arafah ini memiliki banyak manfaat bagi yang melakukannya. Ada beberapa manfaat puasa sunnah arafah, salah satunya menghapus dosa 2 tahun. Berikut beberapa manfaat puasa sunnah arafah lainnya:

1. Memperoleh Berkah Umur

Allah SWT akan memberikan keberkahan hidup bagi kamu yang berpuasa di Arafah dengan niat semata-mata karena Allah dan dalam rangka memuliakan bulan Dzulhijjah. Dengan begitu Allah akan memuliakan usiamu, dan akan lebih diberkati lagi.

2. Rezeki Akan Bertambah

Dengan berpuasa Arafah, Allah SWT akan membuka pintu rezeki lebih luas. Apalagi puasa membuat tubuh lebih sehat. Dengan begitu sahabat muslim bisa menjemput rezeki dengan lebih baik.

3. Lebih Bahagia Kehidupan Rumah Tangganya

Dengan mengamalkan puasa sunnah tentunya sahabat muslim akan semakin dekat dengan Allah SWT. Hati yang tenang dan keimanan yang semakin bertambah itulah yang membuat rumah tangga semakin sakinah.

 

Hikmah & Manfaat Puasa Tarwiyah

Selain puasa sunnah arafah, ada satu lagi puasa sunnah di bulan Dzulhijjah, yaitu puasa tarwiyah. Puasa tarwiyah dilaksanakan tepat sehari sebelum puasa arafah yaitu pada tanggal 8 Dzulhijjah. Di antara hikmah puasa tarwiyah adalah seperti dinukil dari hadits berikut ini:

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

Artinya, "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun," (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Referensi hadits: https://jabar.nu.or.id/ubudiyah/inilah-keutamaan-puasa-tarwiyah-8-dzulhijjah-q0qfn

Manfaat puasa tarwiyah khususnya bagi sahabat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji sangat beragam. Salah satunya adalah tetap bisa merasakan nuansa haji di Mekkah. Selain itu, masih banyak lagi manfaat puasa tarwiyah bagi umat muslim dan muslimah.

1. Mengendalikan Hawa Nafsu

Puasa merupakan ibadah rahasia yang hanya dapat diketahui oleh diri sendiri dan Allah SWT. Dengan menjalankan ibadah ini, seorang muslim dapat lebih mengontrol hawa nafsunya. Apalagi nafsu menjadi musuh yang bisa menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan.

2. Meneladani Rasulullah

Puasa merupakan salah satu sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW telah mencontohkan puasa wajib dan sunnah bagi umatnya agar dapat ditiru dengan baik. Dan tentunya menjadi keutamaan bagi kita untuk meneladani apa yang dilakukan Rasulullah.

3. Menghindarkan Diri Dari Berlebih-Lebihan

Puasa dapat mencegah kita dari makan atau minum secara berlebihan. Sahabat muslim tentu tahu bahwa sesuatu yang berlebihan tidak akan berdampak baik. Menahan keinginan untuk makan dan minum dapat menghindarkan kita dari berbagai asupan yang tidak sehat, seperti berbagai makanan instan atau junk food. Hal ini dapat membiasakan kita untuk mempertahankan gaya hidup yang lebih sehat.

 

Penutup

Dari penjelasan di atas, ternyata manfaat puasa arafah dan tarwiyah sangat banyak. Selain menghapus dosa-dosa kita, puasa juga memiliki manfaat lain dari segi Kesehatan diri dan hingga perkara lain. Semoga bermanfaat.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :