thumbnail

5 Mesjid Tertua Di Indonesia

01 Oktober 2022

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam masjid yang unik secara arsitektur ataupun punya sejarah yang panjang. Dari banyaknya masjid yang ada di Indonesia, kira-kira masjid apa sajakah yang pertama kali di bangun? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ,yuk simak ulasan berikut!

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas

Saka Tunggal Mosque - Wikipedia

Photo: Wikipedia

Masjid Saka Tunggal Banyumas pertama kali dibangun pada tahun 1288 pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Masjid ini terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Keunikan dari masjid ini adalah masjid ini ditopang oleh satu tiang peyangga tunggal. Dinding masjid ini terbuat dari tembok, namun di beberapa bagian terbuat dari anyaman bambu. Sejak tahun 1965, masjid saka tunggal telah mengalami 2 kali pemugaran.

2. Masjid Agung Sunan Ampel

10 Gambar Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Letak Jawa Timur Sejarah |  Rekomendasi Kami

Photo: Jejakpiknik

Masjid Agung Sunan Ampel merupakan masjid peninggalan salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Ampel atau Raden Achmad Rachmatulloh. Arsitektur dari masjid ini merupakan gabungan dari arsitektur khas Jawa Kuno dan Arab Islami. Masjid ini terletak di Surabaya Jawa Timur.

3. Masjid Kuno Bayan Beleq

Pertahankan Bentuk Aslinya, Masjid Bayan Beleq Wisata Religi Kuno di Lombok  - Ramadan Tempo.co

Photo: Tempo

Masjid ini terletak di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Masjid ini dibangun sekitar abad ke-16 pada masa awak berkembangnya Islam di Lombok. Nama “Beleq” memiliki arti makam besar, karena kondisi disekitaran masjid terdapat banyak makam. Makam-makam tersebut merupakan makam dari tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Lombok serta makam orang-orang yang ikut membangun dan mengurus Masjid Bayan Beleq.

4. Masjid Agung Demak

Sejarah di Balik Pergantian Nama Masjid Agung Demak

Photo: detikcom

Masjid ini menjadi salah satu masjid yang sangat popular di Indonesia. Masjid ini didirikan oleh para Wali Songo pada tahun 1474 bersama dengan Raden Fatah, raja pertama Kesultanan Demak. Masjid ini terletak di Desa Kauman, Demak, Jawa Tengah. Arsitektur dari masjid ini merupakan gabungan dari gaya khas Majapahit dan corak kebudayaan Bali. Selain itu bangunan dari masjid ini juga terinpirasi dari gaya rumah tradisional Jawa Tengah.

5. Masjid Agung Ciptarasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Bukti Cinta Sunan Gunung Jati kepada Istri

Photo: detikcom

Masjid ini terletak di Kesepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini didirikan oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga pada tahun 1480. Dilihat dari bentuk kubahnya memang tidak terlalu istimewa karena bentuknya hampir sama dengan kebanyakan masjid kuno di Indonesia. Namun jika masuk ke dalam, corak arsitektur akan terlihat jelas dari warna Tiongkok.

Sumber: Masjid Tua


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :