thumbnail

Kisah Dermawan Muslim Terkaya di Rusia

21 Oktober 2021

Latar Belakang dan Pendidikan

Suleiman Kerimov, sosok yang dijuluki dermawan muslim terkaya di Rusia adalah anak dari seorang pengacara di sebuah lembaga investigasi kriminal dan seorang akuntan untuk Bank Tabungan Rusia.

Lulus sekolah menengah Tahun 1983, Kerimov mendaftar di Departemen Teknik Sipil di Dagestan Polytechnic Institute pada Tahun 1984. Melanjutkan studi, Kerimov kuliah di Universitas Negeri Dagestan dan lulus pada Tahun 1989 dengan gelar bidang akuntansi keuangan dan ekonomi. Selama berkuliah, ia terpilih menjadi Wakil Ketua Komite Serikat Pekerja DSU. Di universitas ini juga ia bertemu dan mengenal istrinya, Firuza, putri dari mantan Pemimpin Serikat Buruh.


Karir dan Bisnis

Setelah lulus, Kerimov bekerja sebagai ekonom di pabrik listrik Eltav di ibu kota Dagestan yang memasok transistor dan semi konduktor untuk pembuat televisi, memproduksi dioda, microchip, dan lampu halogen. Saat itu, Kerimov digaji 150 rubel (sekitar $ 250 dolar AS) perbulan. Berkat kegigihannya, ia naik jabatan menjadi Wakil Direktur Jenderal di Eltav dan sudah mulai mencoba investasi selama jatuhnya Uni Soviet.

Jalan mulus Kerimov menjadi orang kaya raya berawal di Tahun 1993, ia ditugaskan menangani hubungan antara Eltav dan Fedprombank, bank Moskow yang didirikan oleh perusahaan listrik. Fedprombank membiayai industri yang tertinggal, dan saat itu Kerimov bersama rekan-rekannya menjadi kreditor untuk perusahaan utilitas besar, yang menjadikan mereka terus memberikan layanan utama. Setelah ekonomi Rusia stabil, utang-utang itu dilunasi dengan pengembalian yang cukup besar. Saar itulah Kerimov menjadi salah satu orang yang kaya raya.

Selang dua tahun, Kerimov dipilih menjadi kepala di perusahaan perbankan dan perdagangan Soyuz-Finans. Hebatnya, di Tahun 1997 ia telah membangun 50% saham di Vnukovo Airlines dan menggunakan keuntungannya untuk mengambil alih Fedprombank, membeli saham mitranya.

Tidak berhenti disitu, pada akhir 1999 Kerimov kembali membeli 55% saham di perusahaan perdagangan minyak Nafta Moskva, penerus perusahaan monopoli Soviet Soyuznefteexport, sebesar $ 50 juta. Setelah meningkatkan kepemilikannya di Nafta Moskva menjadi 100% pada Tahun 2000, Kerimov melakukan restrukturisasi besar-besaran perusahaan, yakni menjual semua aspek yang berhubungan dengan minyak dan wmenciptakan perusahaan investasi dan holding. Investasi Nafta pada pertengahan 2000-an termasuk pembelian pusat bisnis Smolensky Passazh dan AvtoBank.


Badan Amal dan Yayasan

Kerimov pernah menyumbang € 1 juta kepada Pinocchio yang merupakan badan amal untuk dengan anak-anak yang menderita luka bakar. Hal ini didasari oleh pengalaman pahitnya di Tanggal 26 November 2006, di Nice, Prancis. Hari itu ia kecelakaan dan mengalami luka luka bakar yang parah. Tidak hanya itu, kepedulian Kerimov juga terlihat dari didirikannya Yayasan Suleyman Kerimov pada tahun 2007. Yayasan ini berdiri dengan visi meningkatkan kehidupan pemuda Rusia dan seluruh dunia dengan berinvestasi dalam inisiatif yang memperkuat komunitas dan membantu orang yang membutuhkan. Yayasan Suleyman Kerimov bekerjasama dengan Federasi Gulat Rusia dan program olahraga lainnya untuk mendukung pembangunan gym dan penyediaan peralatan bagi ratusan atlet dan pelatih Rusia di seluruh negeri.

Sejak berdiri, Yayasan Suleyman Kerimov telah menyumbangkan hampir 300 hibah dengan total lebih dari 300 juta CHF, terutama di bidang pendidikan, agama, aspek sosial, kedokteran dan olahraga.

Berlanjut, Kerimov juga dikabarkan mendonasikan $ 100 juta untuk rekonstruksi sekolah menengah Zarechenskaya, sekolah komprehensif tingkat lanjut di sebelah barat Moskow yang selesai di Tahun 2015. Sekolah ini mencakup kompleks olahraga modern dengan kolam renang, arena seluncur es, lantai dansa raksasa, serta area perumahan untuk anak-anak berbakat dari provinsi. Suleiman Kerimov juga menjadi sponsor pusat pendidikan Sirius untuk para anak berbakat, yang terletak di Sochi dan Dagestan. Tidak berhenti, Suleiman Kerimov bersama Mahmoud Abbas, Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdoğan juga membuka Masjid Katedral Moskow pada 23 September 2015. Kerimov sendiri dikabarkan menyumbang dana sebanyak 100 juta dollar untuk pendirian masjid terbesar di kota Moskow ini. Yayasan Kerimov juga menyumbang pembangunan masjid dan gereja serta mengirim ribuan jamaah ke Mekah untuk berhaji setiap tahunnya. Dilihat dari kesuksesan, banyaknya bantuan dan kepedulian kepada sesama dari sosok Suleiman Kerimov, pantas jika ia dijuluki sebagai dermawan muslim terkaya di Rusia

Sumber :

https://actconsulting.co/tokoh-muslim-sukses-dunia-sulaiman-kerimov-dermawan-muslim-terkaya-di-rusia/



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :