thumbnail

Keutamaan Sholat Dhuha dan Pahalanya

22 Maret 2022

Luar Biasa! Inilah 12 Rahasia dan Keutamaan Empat Rakaat Shalat Dhuha di  Pagi Hari – Bandung Kita

Foto : bandungkita.id

Siapa yang suka banget bahkan rutin shalat dhuha? Maa Syaa Allah, berbahagialah! karena kamu adalah hamba-hamba Allah yang spesial. Dalam hadits riwayat Mukmin, disebutkan:

“Shalatnya banyak orang yang bertaubat adalah ketika berdirinya anak gamal karena teriknya matahari.” (HR Mukmin)

Shalat sunnah yang dilaksanakan pada pagi hari atau lebih tepatnya di waktu dhuha yakni saat matahari mulai naik dari peraduannya kurang lebih sebanyak 7 hasta sampai menjelang waktu shalat dzuhur ini memilki banyak sekali manfaat dan keutamaannya. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.


1. Diampuni Dosa-dosa

Keutamaan Sholat Dhuha yang Menakjubkan, Salah Satunya Diberi Pengampunan  Dosa

Foto : pedomanrakyat.com

Allah Maha Baik dan Maha Pengampun. Allah Ta'ala akan mengampuni dosa hambanya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh. Dan salah satu keutamaan shalat dhuha adalah diampuni dosa oleh Allah, seperti yang disebutkan dalam hadist berikut :

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. At-Tarmidzi).


2. Dibuatkan Rumah di Surga

Dalam hadist riwayat At-Thabrani disebutkan :

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala,” 


Hadist di atas menjadi kabar bahagia bagi muslim yang rajin shalat dhuha semasa hidupnya. Mendapatkan pintu spesial menuju syurga, Maa Syaa Allah, indah sekali! Tidak ada kebahagian yang lebih besar melainkan mendapat ridha Allah untuk dapat masuk ke dalamm syurga.

Kemudian keutamaan dhuha juga disebutkan dalam hadits :

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)


3. Dicukupkan Rezeki

Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Sunnah Dhuha, Keutamaan Dicukupkan Rezeki  Hingga Sedekah Pada Tubuh - Tribunnewsmaker.com

Foto : newsmaker.tribunnews.com

Benrtuk rezeki di dunia tidak terbatas pada harta dan kekayaan saja. Kesehatan sampai keluarga yang shaleh pun merupakan salah satu bentuk dari rezeki itu sendiri. Yuk berusaha dan berdo'a agar rezeki kita dicukupkan di dunia dan di akhir, salah satunya dengan rajin dan rutin melaksanakan shalat dhuha. Hal ini sesuai hadit berikut :

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Hadits diatas menjelaskan bahwa Allah akan mencukupkan rezeki hambanya  yang melaksanakan shalat dhuha empat rakaat. Atas izin Allah Ta'ala,  rezekinya akan terus mengalir sepanjang hari.


4. Terhindar dari Sifat Lalai

Dalam hadist riwayat At-Thabrani, Rasulullah bersabda :

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya,” (HR. At-Thabrani).


5. Mendapat Pahala Sedekah

Memperbanyak sedekah adalah salah satu amalan pembuka pintu rezeki. Sedekah pun amalan yang sangat dicintai Allah. Banyak cara  untuk bersedekah, tidak hanya melulu dengan uang dan harta, melakukan shalat dhuha juga mendapatka pahala seperti sedekah. Dalam hadist dijelaskan:

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha,” (HR Muslim)


6. Mendapat Pahala Haji dan Umroh

Ibadah haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang diwajibkan kepada setiap muslim yang sudah mampu melaksanakannya, baik secara mental sampai kebutuhan materi yang tidak sedikit. Namun jangan bersedih, ada satu cara agarmendapatkan pahala seperti berhaji, yakni melaksanakan shalat dhuha. Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)


Al Mubaarakfuri rahimahullah dalam Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Jaami’ At Tirmidzi (3: 158) menjelaskan, “Yang dimaksud ‘kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at’ yaitu setelah matahari terbit. Ath Thibiy berkata, “Yaitu kemudian ia melaksanakan shalat setelah matahari meninggi setinggi tombak, sehingga keluarlah waktu terlarang untuk shalat. Shalat ini disebut pula shalat Isyroq. Shalat tersebut adalah waktu shalat di awal waktu.”


7. Sunnah Rasulullah

Hadits dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat shalat dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari Muslim)

Shalat dhuha adalah amalan sunnah. Tentu saja dalam mengerjakannya mendapat bayak sekali kebaikan dan bisa mengantarkan kita mendapat pahala yang banyak juga.


8. Bentuk Taubat Sesungguhnya

Keutamaan Shalat Dhuha

Foto : depokpos.com

Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau bertaubat dengan sebaik-baik taubat, mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulanginya kembali. Dan salah satu spesialnya shalat dhuha adaalah termasuk bentuk dari bertaubat, Seperti kandungan hadits berikut :

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).


Kemudian dalam hadist lainnya :

“Hanya orang yang bertaubat yang memelihara shalat dhuha karena shalat dhuha adalah shalatnya orang-orang yang bertobat.” (HR. Ibnu Khuzaiman dan Hakim)


9. Menjadi Orang yang Beruntung

Muslim yang gemar shalat dhuha adalah muslim yang spesial dan beruntung, yang setiap langkahnya diridhoi oleh Allah, Insyaa Allah. Hal ini dijelaskan dalam hadist berikut :

“Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (Shahih al-Targhib: 666)

Adapun ghanimah tersebut bermaksud keberuntungan. Wallahu a’lam.


🚨🚨🚨Yuk yuk rutin Shalat Dhuha🤩 Mulai aja dari atur waktu peringatan jadwal shalat bareng Aplikasi Muslimlife.

Bisa atur waktu dan dering jadwal shalat :

Tepat waktu

✅5, 10 atau 15 menit lebih cepat

✅Nada dering Diam, Getar atau Suara


Daaan yuk yuk akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

✅Cuma 500/hari❣️

✅Dengan berlangganan, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

✅Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

✅Metode pembayaran mudah & beragam

✅Ada 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


💌Buruaann, belajar agama jangan ditunda-tunda yaa😊

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita, Aamiin🤲


Referensi :

https://masjidpedesaan.or.id/10-keutamaan-sholat-dhuha-dan-pahalanya/

https://konsultasisyariah.com/58-shalat-dhuha-keutamaan-dan-bacaan-di-dalamnya.html

https://rumaysho.com/2845-keutamaan-shalat-dhuha.html



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :