thumbnail

Kenapa sih, Muslim Dilarang Minum Alkohol?

18 Juni 2022

Jangan Minum Alkohol Sebelum atau Sesudah Vaksinasi Covid-19, Ini Bahayanya

Foto: riauin.com

Alkohol menjadi salah satu bahan minuman yang dikonsumsi di sebagain besar negara terutama di negara-negara beriklim kutub. Namun mengapa Islam dilarang untuk mengkonsumsi alkohol? Apa alasan dari pelarangan tersebut.

Tidak diragukan lagi, alkohol memiliki efek bahaya dan berdampak buruk pada pikiran serta tubuh manusia. Kandungan di dalam alkohol dapat mengaburkan pikiran, menyebabkan penyakit, membuang-buang uang, bahkan menghancurkan individu, keluarga dan komunitas. Para peneliti telah membuktikan bahwa ada keterkaitan kuat antara alkohol dan perjudian. Minum-minuman beralkohol tersebut mampu merusak nalar, menurunkan kewaspadaan dan mendorong pengambilan risiko yang terlibat dalam perjudian dan aktivitas berbahaya.

Didalam Alquran, Allah Ta’ala telah melarang umat Islam untuk tidak mengkonsumsi alkohol seperti berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung." (QS. Al-Maidah : 90)


Di Australia, negara dengan populasi sekitar 20 juta orang, sekitar 3.000 dikabarkan meninggal dunia setiap tahun akibat penyalahgunaan alkohol, sementara 65.000 lainnya dirawat di rumah sakit. Secara konsisten, sebuah studi juga mengungkapkan hubungan antara minum berat dan kerusakan otak, dengan sekitar 2.500 orang Australia dirawat setiap tahun karena kerusakan otak terkait alkohol. Sedangkan berdasarkan penelitian di Inggris menunjukkan hasil bahwa 6 persen kematian disebabkan kanker yang berkaitan dengan penyalahgunaan alkohol. Sementara Pusat Pencegahan Kanker Harvard mengatakan meminum alkohol sangat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

K-Link Indonesia auf Twitter: „Tentunya kita sudah tahu ya.. bahwa alkohol  atau minuman keras dapat merusak kesehatan. Mau mengonsumsi alkohol sedikit  atau banyak, tetap saja tidak mengurangi bahaya yg bisa ditimbulkan oleh

Foto: k-link Indonesia

Alkohol dianggap sangat karsinogenik yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker mulut, faring, laring, kerongkongan, hati dan payudara. Meminum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan Sindrom Alkohol Janin yang mengakibatkan anak menjadi kecil saat lahir, memiliki beberapa cacat wajah, bukaan mata kecil, jari tangan atau kaki berselaput atau bahkan hilang, kelainan bentuk organ, ketidakmampuan belajar, keterbelakangan mental dan banyak lagi.

Para peneliti di Australia juga memperkirakan sekitar 47 persen dari pelaku yang melakukan kejahatan kekerasan dan 43 persen dari semua korban kejahatan dalam kondisi mabuk sebelum peristiwa itu terjadi. Alkohol juga bertanggung jawab atas 44 persen cedera kebakaran, 34 persen korban jatuh dan tenggelam, 30 persen kecelakaan mobil, 16 persen kasus pelecehan anak, serta 7 persen kecelakaan industri.

Meskipun secara jelas alkohol bertanggung jawab atas banyak kejahatan, namun mengkonsumsi alkohol masih dianggap legal dan bahkan dianjurkan di sebagian besar masyarakat. Di negara-negara Muslim di mana alkohol dilarang, banyak orang masih merasa sulit untuk menahan godaan dan menjadi mangsa penyakit, yaitu alkoholisme. Namun setelah muncul banyak fakta-fakta tentang dampak negatif  alkohol, orang-orang di seluruh dunia masih saja terus mengkonsumsinya, bahkan dalam jumlah yang terus meningkat.

Inilah Dosa-Dosa Besar Meminum Khamr - BERDAKWAH

Foto: berdakwah.net

Selain itu, alkohol merupakan salah satu alat yang digunakan setan untuk mengalihkan perhatian manusia dari penyembahan kepada Tuhan. Allah Ta’ala telah menyatakan dengan jelas dalam Alquran sebagi berikut:

إِنَّ ٱلشَّيْطَـٰنَ لَكُمْ عَدُوٌّۭ فَٱتَّخِذُوهُ عَدُوًّا ۚ إِنَّمَا يَدْعُوا۟ حِزْبَهُۥ لِيَكُونُوا۟ مِنْ أَصْحَـٰبِ ٱلسَّعِيرِ

"Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh, karena sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS.Al-Fatir : 6)


Penulis bernama Aisha Stecey dalam artikelnya menyebut bahwa alkohol mempengaruhi pikiran, membuat perilaku berdosa dan tindakan jahat tampak adil. Kehadirannya juga menciptakan permusuhan dan kebencian di antara orang-orang, bahkan mencegah dari perbuatan mengingat Tuhan dan berdoa. Hal ini sesuai perkataan Allah dalam Alquran sebagai berikut :

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

"Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti?" (QS.Al-Maidah : 91).

Nah ternyata mengkonsumsi alkohol memiliki banyak sekali dampak negatif bagi manusia. Hal itulah yang menyebabkan alkohol haram untuk dikonsumsi.

Referensi: understanding islam. this is why islam prohibits drinking alcohol


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :