thumbnail

Keistimewaan dan Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syawal

17 Mei 2022

Puasa Syawal Sampai Tanggal Berapa? Cek Tanggal Hijriah Hari Ini 2022 -  Kendalku

Foto: kendalku.pikiran-rakyat.com

Euforia lebaran bagi tampaknya masih belum hilang bagi sebagian umat muslim. Euforia ini sebaiknyajangan membuat kita lalai dalam menjalankan ibadah kepada Allah Ta'ala, baik ibadah yang sifatnya wajib maupun yang bersifat Sunnah. Di bulan Syawal ini, ada satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Ibadah tersebut adalah puasa sunnah di bulan syawal selama 6 hari. Puasa Syawal ini baru boleh dikerjakan selepas tanggal 1 Syawal.

Menurut Imam Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab “Lathaif al-Ma’arif fima li Mawasim al-‘Am min al-Wadhaif” halaman 219-223 terdapat lima keutamaan dari menjalankan puasa Syawal, antara lain:


Setara Puasa Setahun Penuh

Puasa di bulan syawal jika dijalankan maka akan memiliki nilai yang setara dengan berpuasa selama setahun. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh" (HR Muslim: 1164)


MUDAH DIHAFAL! Begini Bacaan Niat Puasa Syawal, Lengkap Lafaz Arab, Latin,  dan Terjemahannya - Banten Raya

Foto: bantenraya.com

Puasa Ramadhan yang telah dilakukan selama sebulan itu, selama 30 hari (ada juga yang 29 hari) itu digandakan menjadi 10 kali lipat. Hitungan jadi seperti ini, 30 X 10 = 300 hari. Berarti selama Ramadhan kemarin kita telah menjalankan puasa selama 300 hari, pahalanya. Ditambah dengan puasa syawal yang 6 hari. 6 hari X 10 = 60 hari. Jadi puasa ramadhan ditambah dengan puasa 6 hari syawal berarti 300 hari + 60 hari = 360 hari, ini adalah jumlah hari dalam setahun.


Penyempurna Puasa Ramadhan

Puasa Syawal yang dilakukan selama enam hari di bulan Syawal menjadi pelengkap atau penyempurna amalan pada bulan Ramadhan, sebagaimana sholat sunnah rawatib (qabliyah dan bakdiyah) merupakan penyempurna dari sholat fardhu lima waktu. Rasulullah  Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ :  إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ : انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Aku mendengar Rasulullah bersabda: Amalan seorang hamba yang dihisab pertama kali di hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik, maka sungguh dia beruntung dan selamat. Jika sholatnya buruk, maka sungguh dia celaka dan rugi. Jika ada kekurangan pada sholat wajibnya, Allah Ta'ala berfirman: Periksalah apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah yang dapat menyempurnakan kekurangan ibadah wajibnya? Kemudian yang demikian berlaku pada seluruh amal wajibnya” (HR at-Tirmidzi)


Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan

Membiasakan puasa sunnah (puasa Syawal) setelah berakhirnya puasa Ramadhan adalah tanda diterimanya puasa Ramadhan, sebagaimana Allah Ta'ala akan menerima amal kebaikan pertama jika selanjutnya dilakukan amal kebaikan yang lain. Sebagian ulama berpendapat bahwa:

Ganjaran perbuatan baik adalah perbuatan baik setelahnya, maka siapa saja yang berbuat kebaikan kemudian mengikutkannya dengan perbuatan baik lainnya, maka hal yang demikian adalah tanda diterimanya kebaikan yang pertama. Pun halnya orang yang berbuat baik kemudian mengikutkannya dengan perbuatan buruk, maka yang demikian adalah tanda ditolaknya kebaikan yang ia kerjakan”


Tanda Ibadah di Bulan Ramadhan Tidak Terputus

Berakhirnya bulan Ramadhan bukanlah akhir dari segala ibadah yang kita jalankan di bulan tersebut. Puasa Syawal merupakan salah satu wujud usaha mempertahankan ibadah yang telah dijalankan di bulan Ramadhan. Tidah hanya puasa, selama bulan Syawal diharapkan menjadi bulan baru yang membuat kita semakin taat beribadah kepada Allah Ta’ala.


Tanda Syukur Kepada Allah Ta'ala

Menjalankan puasa Syawal merupakan tanda syukur kepada Allah Ta'ala atas anugerah yang melimpah di bulan Ramadhan yang lalu.

Jadi bagaimana nih, yuk berpuasa di bulan syawal!

Referensi: keutamaan puasa syawal setara puasa setahun penuh


Yuk berbernah diri dan memperbanyak amal baik💪🏻 Mari berdonasi, ikutan event, menyimak tausiyah & konten bermanfaat serta hal positif lainnya🤩 Bersama Muslimlife, ayo bergerak lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :