thumbnail

Kadang Bikin Aku Kesal! Aku Harus Bagaimana?

02 September 2022

Manusia dianugerahi oleh Allah Ta’ala dengan emosi. Dengan adanya emosi kita dapat merasakan bahagia, sedih hingga marah. Namun jika kita dapat mengendalikan emosi dengan baik, maka emosi dapat menjadi jalan setan untuk menyesatkan manusia. Karena saat emosi manusia tidak terkontrol, orang bisa dengan mudah mengucapkan kalimat kekafiran, menggugat takdir, mengatakan kata-kata kasar, mencaci maki dan berbagai hal-hal buruk lainnya. Selain melakukan ucapan-ucapan buruk, orang juga bisa melakukan kejahatan-kejahatan di luar nalar saat emosi tidak terkontrol.

Islam menekankan kepada setiap orang untuk bisa mengontrol emosi dengan baik. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda dalam hadistnya :

لا تغضب ولك الجنة

Artinya :

“Jangan marah, bagimu surga.” (HR. Thabrani)

Agar kita tidak terjerumus dalam dosa besar karena emosi, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkontrol emosi.

1. Membaca Ta’awudz

Karena sumber dari kemarahan adalah setan, maka godaannya dapat kita redam dengan meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala. Ketika kita tersulut emosi dalam sebuah perkara, cepat-cepatlah meningat Allah Ta’ala dengan membaca :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya :

“Aku berlindung kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari setan yang terkutuk”.

Dalam sebuah hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Artinya :

“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim)


2. Diam Dan Menjaga Lisan

Saat emosi tidak terkontrol, orang cenderung bebicara tanpa aturan, dan dari ucapapan tersebut bisa saja mengandung dosa besar. Oleh karenat saat sedang marah alangkah lebih baik untuk berusaha diam. Di saat kesadaran kita berkurang, di saat nurani kita tertutup nafsu, jagalah lisan ini dengan baik, jangan sampai dari ucapan sendiri malah menjerumuskan kita ke dasar neraka. Dalam sebuah hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya :

“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad)


3. Berusaha Merendah

Kecenderungan orang yang sedang emosi adalah ingin menjadi lebih tinggi dan ingin dituruti. Dengan posisi lebih tinggi, dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya. Oleh karenta itu, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam memberikan saran sebaliknya. Agar marah ini dapat diredam, cobalah mengambil posisi yang lebih rendah. Dalam sebuah hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Artinya :

“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad)


4. Segera Mengambil Wudhu Atau Mandi

Tata Cara Wudhu yang Benar

Photo : Suara.Com

Kemarahan datang dari godaan setan yang terbuat dari api. Oleh karena itu padamkanlah dengan air. Dalam sebuah hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Artinya :

“Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Beberapa pakar menganjurkan untuk berwudhu dalam rangka meredam panasnya emosi dan marah. Dr. Muhammad Najati mengatakan, bahwa air yang dingin, bisa menurunkan darah bergejolak yang muncul ketika emosi. Sebagaimana ini bisa digunakan untuk menurunkan tensi darah tinggi. Karena itulah, di masa silam, terapi mandi digunakan untuk terapi psikologi.

Sumber : Solusi Saat Marah


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :