thumbnail

Jangan Lupa Baca Doa Keluar Rumah Yaa

18 Juli 2022

Doa Keluar Rumah, Arti dan Keutamaannya

Foto: bersamadakwah.net

Dalam Islam, setiap tindakan yang kita lakukan telah diatur oleh Allah Ta’ala. Kita diajarkan untuk senantiasa melakukan kebaikan dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang tidak ada manfaatnya. Termasuk ketika hendak keluar rumah, kita juga diajarkan tata cara keluar rumah yang baik agar perbuatan yang kita lakukan senantiasa mendapatkan kebaikan dan tidak sia-sia.


Salah satu adab ketika hendak keluar rumah adalah membaca doa. Hal ini merupakan upaya kita untuk selalu mengingat dan meminta perlindungan Allah Ta’ala. Dalam hadistnya, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَابِ بَيْتِهِ أَوْ مِنْ بَابِ دَارِهِ كَانَ مَعَهُ مَلَكَانِ مُوَكَّلَانِ بِهِ فَإِذَا قَالَ بِسْمِ اللَّهِ قَالَا هُدِيتَ وَإِذَا قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ قَالَا وُقِيتَ وَإِذَا قَالَ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ قَالَا كُفِيتَ قَالَ فَيَلْقَاهُ قَرِينَاهُ فَيَقُولَانِ مَاذَا تُرِيدَانِ مِنْ رَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

"Ketika seseorang keluar dari pintu rumahnya atau pintu kampungnya, maka ada dua malaikat yang diwakilkan untuk menyertainya. Jika ia mengucapkan bismillah maka keduanya akan berkata, 'Kamu telah diberi petunjuk.' Jika ia mengucapkan 'la haula walaa quwwata illaa billaah', maka keduanya berkata 'Kamu telah dijaga.' Dan, jika ia mengucapkan ‘tawakkaltu 'alallah', maka keduanya berkata, 'Kamu telah dicukupi'." (HR. Ibnu Majah)

Doa Keluar Rumah - Kurcaci Pendidikan

Foto: kurcacipendidikan.my.id

Dengan demikian ketika seseorang telah berdoa kepada Allah Ta’ala ketika hendak keluar, maka Allah Ta’ala akan menjaganya. Lantas bagaimana bacaan doa ketika hendak keluar rumah? Terdapat dua doa yang dapat dilantunkan, baik doa yang pendek maupun yang panjang.

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

"Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).


Kemudian dapat dilanjutkan dengan membaca doa berikut:

للَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَأَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّأَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّأَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَأَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

“Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, berbelok dari jalan yang benar atau dibelokkan dari jalan yang benar, berbuat kezaliman atau dizalimi, berbuat kejahilan atau dijahili.” (HR. Abu Dawud)


Doa keluar rumah tersebut dinamakan doa isti'adzah. Kandungan doa tersebut adalah apabila seseorang keluar dari rumahnya, maka sudah pasti ia akan bergaul dengan manusia atau menyelesaikan suatu urusan. Bisa jadi orang tersebut tersesat atau disesatkan, tergelincir dalam kesalahan dan dosa, atau digelincirkan pada keduanya. Sehingga, dengan membaca doa isti'adzah ini, dirinya bisa terselamatkan dari ketersesatan dan ketergelinciran dengan perlindungan Allah Ta’ala.


Selain membaca doa, adab-adab yang perlu dilakukan ketika keluar rumah antara lain:

  • Jangan keluar dengan terburu-buru karena itu adalah sifat setan
  • Melangkah keluar rumah dengan kaki kiri
  • Jangan pergi keluar rumah untuk melakukan perbuatan maksiat
  • Jangan lupa membawa ta'awudz, bismillah, dan doa keluar rumah
  • Jangan keluar rumah tanpa pamit karena Allah akan melaknat kepergiannya
  • Jangan bepergian kalau tidak ada keperluan yang penting
  • Keluar rumah untuk mencari nafkah karena Allah atau untuk melaksanakan amalan agama dianggap sebagai jihad fi sabilillah. Jika meninggal di jalan akan mati syahid
  • Bagi wanita, haram bepergian tanpa izin orang tua atau suami dan dilarang bepergian sampai tiga hari tanpa disertai mahramnya


Referensi: Doa keluar rumah dan artinya serta Keutamaan



Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :