thumbnail

Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Saat Shalat Jumat!!

19 Agustus 2022

Hari Jumat merupakan hari yang mulia karena hari jumat merupakan penghulu dari semua hari. Pada hari jumat Allah Ta’ala juga memerintahkan kepada seluruh laki-laki umat Islam untuk melaksanakan Shalat Jumat secara berjamaah di masjid sebagai pengganti shalat dzuhur. Dalam mengerjakan shalat jumat, hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati agar shalat tersebut dapat diterima oleh Allah Ta’ala. Agar shalat jumat dapat berjalan dengan baik dan penuh dengan kekhusyukan, ada beberapa larangan-larangan yang perlu diperhatikan.


1. Dilarang berbicara ketika Khutbah sedang berlangsung

Ini Dia Hukum Salat Jumat Bagi Laki-laki dan Ancaman Bagi yang  Meninggalkannya

Photo : BandungKita.id

Saat khutbah sedang berlagsung, kita dilarang untuk berbicara karena dapat mengganggu orang lain. Kita diwajibkan untuk mendengar dan menyimak dengan baik isi khutbah yang disampaikan oleh khatib. Selain dilarang berbicara kita juga dilarang untuk menegur orang lain. Dalam hadistnya Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ . وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

Artinya :

“Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jum’at, ‘Diamlah, khotib sedang berkhutbah!’ Sungguh engkau telah berkata sia-sia.”(HR. Bukhari dan Muslim).


2. Tidak menyimak isi khutbah

Selain dilarang berbicara maupun menegur orang yang sedang berbicara. Kita juga dilarang untuk melakukan hal-hal yang membuat kita tidak menyimak dengan baik isi khutbah yang disampaikan. Kita dilarang memainkan ponsel, membaca koran, ataupun hal-hal lainnya. Dalam hadistnya Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَى

Artinya :

“Dan barangsiapa yang menyentuh (memainkan) kerikil maka ia telah berbuat sia-sia.” (HR. Muslim)


3. Melakukan jual beli saat shalat jumat berlangsung

Selama shalat jumat berlangsung umat Islam dilarang untuk melakukan transaksi jual beli baik di toko maupun di luar toko. Beberapa ulama berpendapat larangan jula beli dimulai saat adzan telah berkumandang. Namun setelah shalat jumat telah selesai dilaksanakan kita dibolehkan kembali melakukan transaksi jual beli seperti biasanya. Allah Ta’ala pernah berfirman :

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya :

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allâh dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui" (QS. Al-Jumu’ah : 9)


4. Datang terlambat

Banyak muslim yang sengaja menunda-menunda berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat jumat. Padahal ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan apabila kita tidak terlambat berangkat melaksanakan shalat jumat. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

إذا كان يومُ الجمعةِ كان على كلِّ بابٍ من أبوابِ المسجدِ الملائكة يكتبون الأولَ فالأولَ، فإذا جلس الإمامُ طوَوُا الصحفَ وجاؤوا يستمعون الذكرَ.

Artinya :

“Apabila hari Jumat tiba maka akan ada para malaikat di setiap pintu-pintu masjid. Mereka akan mencatat setiap orang yang datang dari yang pertama, lalu berikutnya dan berikutnya. Hingga ketika Imam telah naik di mimbarnya para malaikat pun menutup catatan-catatannya, lalu mereka ikut mendengarkan khutbah.” (HR. Bukhari)


5. Melangkahi pundak jamaah disamping

Ketika seseorang datang terlambat dan melihat tempat kosong di shaf depan, lalu ia datang melangkahi pundak orang yang telah duduk, maka tindakan ini dilarang. Dalam hadistnya, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

عَعَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَخَطَّى رِقَابَ النَّاسِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ اتُّخِذَ جِسْرًا إِلَى جَهَنَّمَ

Artinya :

"Barangsiapa di hari jum'at melangkahi pundak orang lain, maka akan dibuatkan baginya jembatan ke jahannam.” (HR. ibnumajah)


6. Duduk memeluk lutut

Salah satu hal yang sering sekali dilakukan adalah duduk sambil memeluk lutut. Hal ini sering dilakukan karena mengantuk atau lelah. Padahal hal ini termasuk perbuatan yang dilarang. Dalam hadistnya, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْحُبْوَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ

Artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

 Oleh sebab itu sebelum melaksanakan shalat jumat, persiapkan diri agar ketika shalat tubuh menjadi fit.

Sumber : Larangan Saat Shalat Jumat


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :