thumbnail

Jadwal Penting Pelaksanaan Ibadah di Bulan Dzulhijjah

29 Juni 2022

Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah yang Dilaksanakan Sebelum Idul Adha, Ini  Keutamaan Menurut Ulama - Surya.co.id

Foto: surabaya.tribunnews.com

Berdasarkan sidang Isbat yang digelar hari Rabu, 29 Juni 2022 saat petang, dilaporkan bahwa dari 86 titik Rukyah di 34 Provinsi di Indonesia, tidak ada perukyah yang melaporkan melihat hilal. Dengan begitu, berdasarkan hisab seluruh Indonesia sudah di atas ufuk tapi belum memenuhi kriteria Menteri-menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

"Sehingga secara mufakat, 1 Dzulhijah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022," jelas Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI), Zainut Tauhid Sa'adi melalui konferensi pers Sidang Isbat Kementerian Agama tersebut. Dengan keputusan ini, Idul Adha akan jatuh pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau 10 Juli 2022.

Namun sebelumnya, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijah 1443 Hijriah pada hari Kamis, 30 Juni 2022. Sehingga Hari Raya Idul Adha bagi warga Muhammadiyah akan dirayakan pada hari Sabtu,9 Juli 2022.


Sebagai penutup tahun, Bulan Dzulhijjah dipenuhi dengan rangkaian ibadah-ibadah penting baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Karena adanya perbedaan antara kalender Hijriah dan Masehi, maka kita perlu mengetahui secara pasti tanggal dan jadwal penting di bulan dzulhijjah agar pelaksanaan ibadah kita menjadi lebih lancar.

Berdasarkan hasil sidang isbat, maka jadwal pelaksanaan ibadah di Bulan Dzulhijjah adalah:

  • Waktu bercukur rambut dan memotong kuku bagi yang berniat hendak berqurban jatuh pada 30 Dzulqaedah 1443 H atau 30 Juni 2022, mulai matahari tenggelam sampai hari penyembelihan hewan qurban
  • 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah atau 1-10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada tanggal 1 Juli - 10 Juli 2022
  • Pelaksanaan puasa sunnah Talwiyah pada 8 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau pada 8 Juli 2022
  • Pelaksanaan puasa sunnah Arafah pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijrah atau pada 9 Juli 2022
  • Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau 10 Juli 2022
  • Hari tasryk jatuh pada 11-13 Dzulhijjah 1443 Hijirah atau 11-13 Juli 2022. Pada hari-hari tersebut masih diperbolehkan untuk berqurban namun diharamkan untuk berpuasa.

Keutamaan Puasa Dzulhijjah Dan Amalan-Amalan Utama 10 Hari Pertama Di Bulan  Dzulhijjah - tipstriksib

Foto: tipstriksib.net

Selama Nulan Dzulhijjah ada banyak amalan-amalan yang dapat dilaksanakan terutama pada 10 hari pertama. Hal ini sesuai dengan hadist:

وروى الإمام أحمد رحمه الله عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام أعظم ولا احب إلى الله العمل فيهن من هذه الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد

“Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

Referensi: keutamaan dan amalan di 10-hari pertama bulan dzulhijjahresmi kemenag tetapkan 1dzulhijah 1443H 1 juli 2022


Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Walillahil Hamd...

Selalu ada kerinduan untuk datang dan kembalI menuju Baitullah. Untuk sedikit mengobat kerinduan kita kepada Baitullah, yuk simak tausiyah tentang jalan mudah menuju baitullahSemoga giliran kita segera tiba, Aamiin.


#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :