thumbnail

Inilah yang Harus Diperhatikan agar Tukar-menukar Uang Tidak Riba

30 April 2022

Jadwal Tukar Uang Lebaran » ngidam.id

Foto: ngidam.id

Hari Raya Idul Fitri  sudah didepan mata. Selain bermaafan-maafan, umat muslim juga terbiasa membagi-bagikan uang kepada sanak saudara atau yang dikenal sebagai salam tempel atau berbagi THR. Biasanya uang baru akan dibagikan oleh setiap orang tua kepada anak, saudara atau kerabat lainnya. Jumlah uangnya pun berbeda-beda, namun kebanyakan uang yang diberikan adalah uang yang masih baru. Uang-uang ini rata-rata didapat dari jasa penukaran uang. Oleh sebab itu, maka tak heran menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak orng yang membuka jasa penukaran uang baru. Lantas, bagaimana sebenarnya hukum menukar uang baru saat lebaran?

Cara Tukar Uang Baru Secara Online Tanpa Biaya Tambahan Melalui Aplikasi  PINTAR - Tribunnews.com Mobile

Foto: tribunnews.com

Kegiatan tukar menukar atau barter sebenarnya sudah ada sejak zaman Nabi dan telah di atur dalam agama Islam. Bahkan di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kegiatan tukar menukar banyak dilakukan. Adapun syarat dan ketentuan yang berlaku dari tukar menukar yaitu mulai dari jumlah atau takaran, jenis transaksi (tunai non tunai), dan jenis barang yang ditukarkan. Dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memaparkan bagaimana proses tukar menukar barang yang tertuang dalam hadist berikut:

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلاً بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

Jika emas dibarter dengan emas, perak ditukar dengan perak, gandum bur (gandum halus) ditukar dengan gandum bur, gandum syair (kasar) ditukar dengan gandum syair, korma ditukar dengan korma, garam dibarter dengan garam, maka takarannya harus sama dan tunai. Jika benda yang dibarterkan berbeda maka takarannya boleh sesuka hati kalian asalkan tunai.” (HR. Muslim :4147)

Ingin Menukarkan Uang? Catat, Ini Jadwal Penukaran Uang Di Bank Umum –  http://wartabahari.com

Foto: wartabahari.com

Dalam riwayat lain, Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلاً بِمِثْلٍ يَدًا بِيَدٍ فَمَنْ زَادَ أَوِ اسْتَزَادَ فَقَدْ أَرْبَى الآخِذُ وَالْمُعْطِى فِيهِ سَوَاءٌ

“Jika emas ditukar dengan emas, perak ditukar dengan perak, gandum ditukar dengan gandum, sya’ir (gandum kasar) ditukar dengan sya’ir, kurma ditukar dengan kurma, dan garam ditukar dengan garam, takaran atau timbangan harus sama dan dibayar tunai. Siapa menambah atau meminta tambahan, maka ia telah melakukan transaksi riba. Baik yang mengambil maupun yang memberinya sama-sama berada dalam dosa.” (HR. Ahmad 11466 & Muslim 4148)


Berdasarkan hadist di atas, sangat jelas bahwa kegiatan tukar menukar harus dilakukan secara tunai dengan ketetapan bahwa jenis barang, jumlah barang  serta harga atau nilai barang tersebut haruslah sama atau setara. Sedangkan jika jenis barang yang ditukar berbeda maka takaranya boleh sesuka hati asalkan transaksinya tunai.

Jika kita mengacu pada hadist diatas, maka hukum tukar uang baru buat lebaran adalah riba, jika jumlah uang yang ditukar terdapat kelebihan. Misalnya jika kita menukar uang 100 ribu rupiah dengan membayar 105 ribu rupiah maka hukumnya akan riba, karena nilai tukar dari uang tersebut tidak setara.

Rupiah yang ditukar dengan rupiah tergolong dalam tukar menukar yang sejenis dengan memenuhi dua syarat yaitu, sama nilai dan tunai. Apabila ada tambahan di dalam penukarannya, maka hukum tersebut menjadi riba. Riba merupakan perbuatan yang akan mendatangkan dosa, sehingga hukum riba adalah haram.


Namun berbeda halnya jika uang baru yang ditukar memiliki nilai dan jenis mata uang yang sama maka hukumnya dibolehkan. Misalnya jika kita ingin mendapatakan uang 100 ribu dan kita membayar sebesar 100 ribu, maka hukumnya diperbolehkan karena memiliki nilai yang setara. Oleh sebab itu, dalam penukaran uang baru untuk lebaran umat Islam harus memperhatikan syariat dan hukumnya agar tidak terjerumus dalam perbuatan riba. Karena sangat disayangkan, niat baik untuk berbagi rezeki justru akan menjadi dosa karena ketidaktahuan,

Referensi: penukaran uang lebaran

 

 📢📢📢 Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amal sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌿 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌿 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌿 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :