thumbnail

Ini Nih Doa-Doa Untuk Mendapatkan Jodoh Terbaik

29 Desember 2022

Memiliki pasangan hidup yang baik merupakan keinginan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Karena pasangan yang sah akan mendampingi kita dalam membangun keluarga, beribadah mendidik anak dan banyak hal lainnya. Allah Ta’ala telah menjanjikan kepada manusia, bahwa setiap orang memiliki pasangannya masing-masing, sebagaimana telah difirmankan dalam Alquran:

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah,” (QS Adz-Dzariyaat: 49).

Pernikahan dalam Islam: Rukun, Syarat dan Kewajiban Suami Istri

Photo: Tirto.id

Agar bisa segera bertemu dengan pasangan yang diinginkan, alangkah lebih baik berdoa dan meminta kepada Allah Ta’ala. Doa-doa ini dapat diamalkan pada saat sepertiga malam atau di waktu-waktu yang diijabah lainnya. Namun, seperti apa pun jodoh yang datang, itu adalah pilihan terbaik dari Allah Ta’ala. Sebab, Allah Ta’ala akan memberikan yang dibutuhkan, bukan hanya yang kita inginkan. Adapun doa-doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:


1. Surah Al Anbiya

Doa ini berawal dari kisah Nabi Zakaria Alaihi Salam yang mengalami cobaan karena belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun menikah. Namun, doa ini juga bisa digunakan sebagai doa untuk meminta jodoh bagi orang yang belum diberikan pasangan hidup

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik,” (QS Al-Anbiya: 89).


2. Surah  Al-Furqan

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS Al-Furqan: 74).

Doa ini dapat diamalkan ketika selesai shalat agar Allah Ta’ala dapat memberikan jodoh yang ideal dan bertakwa kepadaNya.


3. Surah Al-Qashas

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (QS Al-Qashash: 24).


4. Doa Meminta Jodoh Untuk Laki-Laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Doa ini merupakan doa bagi laki-laki agar mendapatkan istri yang shalehah. Doa ini dapat diamalkan ketika selesai shalat dan mengaji. Arti dari doa ini pun sangat mulia, karena isinya berkaitan dengan keinginan seorang pria untuk mendapatkan pasangan yang cocok dalam hal dunia maupun akhirat.


5. Doa Meminta Jodoh Untuk Perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Doa ini sama seperti doa versi laki-laki. Doa minta dimaksudkan agar perempuan mendapatkan suami yang baik, shaleh dan bertakwa.

Sumber: Doa Memohon Jodoh


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :