thumbnail

Ini Nih Alasan Laki-Laki Dilarang Memakai Emas!

27 Desember 2022

Emas merupakan salah satu barang paling berharga yang diincar oleh manusia. Bahkan ketenaran emas sebagai salah satu perhiasan ataupun bukti kekayaan seseorang telah terjadi beribu-ribu tahun dan di setiap era. Maka tak heran jika harga emas juga sangatlah mahal. Emas banyak digunakan manusia sebagai perhiasan, tabungan, ataupun sebagai mahar dalam pernikahan. Emas juga digunakan sebagai komponen dasar pada peralatan elektronik. Namun muncul pertanyaan, kenapa dalam ajaran Islam laki-laki dilarang menggunakan emas sedangkan perempuan boleh?

Dalam ajaran Islam laki-laki dilarang menggunakan perhiasan emas. Bahkan hukum menggunakannya adalah haram. Dalam sebuah hadist, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda:

 

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلٍ التَّمِيمِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ عُقْبَةَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى خَاتَمًا مِنْ ذَهَبٍ فِي يَدِ رَجُلٍ فَنَزَعَهُ فَطَرَحَهُ وَقَالَ يَعْمِدُ أَحَدُكُمْ إِلَى جَمْرَةٍ مِنْ نَارٍ فَيَجْعَلُهَا فِي يَدِهِ فَقِيلَ لِلرَّجُلِ بَعْدَ مَا ذَهَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُذْ خَاتِمَكَ انْتَفِعْ بِهِ قَالَ لَا وَاللَّهِ لَا آخُذُهُ أَبَدًا وَقَدْ طَرَحَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Sahl At Tamimi; Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Maryam; Telah mengabarkan kepadaku Muhammad bin Ja’far; Telah mengabarkan kepadaku Ibrahim bin ‘Uqbah dari Kuraib -budak- Ibnu ‘Abbas dari ‘Abdullah bin ‘Abbas; Bahwa Rasulullah saw pernah melihat sebuah cincin emas di tangan seorang laki-laki. Lalu beliau mencopot cincin tersebut dan langsung melemparnya seraya bersabda: “Salah seorang di antara kalian menginginkan bara api neraka dan meletakkannya di tangannya?.” Setelah Rasulullah saw. pergi, seseorang berkata kepada laki-laki itu; ‘Ambilah cincin itu untuk kamu ambil manfaat darinya.’ Lelaki tersebut menjawab; ‘Tidak, Demi Allah aku tidak akan mengambil cincin itu selamanya, karena cincin itu telah di buang oleh Rasulullah saw.”  (H.R Muslim)

 

Alasan pertama mengapa laki-laki dilarang mengenakan perhiasan emas adalah karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang menyerupai perempuan. Kita tahu bersama bahwa perempuan tidak dihiramkan untuk menggunakan perhiasan emas. Oleh karena itu apabila laki-laki mengenakan perhiasan emas, baik itu cincin, kalung ataupun bentuk perhiasan lainnya maka akan menyerupai perbuatan yang disukai perempuan.

Dalam tradisi pernika  sering kali terdapat tradisi tukar cincin antara calon mempelai laki-laki dan calon mempelai wanita. Dalam tradisi ini apabila cincin yang dipakaikan kepada laki-laki adalah cincin emas, maka hal ini dilarang. Namun apabila cincin yang akan dipakaikan kepada laki-laki adalah cincin perak maka tradisi ini dibolehkan.


10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) | mybest

Photo:  My-best


Selain karena menggunakan perhiasan emas adalah perbuata yang menyerupai perempuan, ternyata ada alasan ilmiah dibalik pelarangan ini. Menurut para ahli fisika, didalam emas terdapat atom-atom yang dapat menembus kulit dan masuk kedalam darah manusia. Dan apabila emas tersebut digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka atom-atom tersebut akan masuk kedalam jaringan perederan darah. Hal ini disebut dengan istilah “migrasi emas”. Apabila jumlah atom emas didalam tubuh melebihi batas, maka orang tersebut akan mengalami penyakit “Alzheimer”. Penyakit Alzheimer merupakan kondisi neurologis yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan penilaian secara bertahap, yang biasanya disertai dengan perubahan kepribadian dan kemampuan untuk mengekspresikan diri. Dengan kata lain Alzheimer merupakan penyakit kepikunan.

Lantas jika emas memiliki atom-atom yang berbahaya bagi tubuh, mengapa perempuan boleh mengenakan emas? Ternyata tubuh perempuan memiliki lemak yang tidak terdapat didalam tubuh laki-laki. Lemak inilah yang menahan atom-atom emas masuk kedalam tubuh. Selain itu, apabila ada atom-atom emas yang lolos dan masuk kedalam peredaran darah perempuan, maka atom-atom tersebut akan dibuang tubuh melalui darah saat proses mentruasi setiap bulannya.  

Itulah alasan mengapa laki-laki dilarang menggunakan emas dan perempuan dibolehkan.

Sumber: Pelarangan Emas


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :