thumbnail

Identitas yang Wajib Dibawa oleh Jamaah Haji Asal Indonesia

06 Juli 2022

Ibadah haji merupakan momen pertemuan umat muslim dari seluruh dunia. Tahun 2022 ini tercatat sebanayak 1 juta jamaah haji dari seluruh dunia berkumpul bersama di kota Mekkah. Untuk mempermudah dan membedakan jamaah haji asal Indonesia dengan negara lain serta memberikan kemudahan dalam mengamati kondisi kesehatan dan mengetahui lokasi pemondokan bagi para jamaah, Kementerian Agama RI memberikaan intruksi agar setiap jamaah membawa beberapa tanda identitas diri. Berikut identitas yang wajib dibawa oleh jamaah haji asal Indonesia:


1.  Gelang PPIH

Gelang Identitas dan Ciri Khas Jemaah Haji IndonesiaFoto: viva.co.id

Gelang PPIH berfungsi untuk menyimpan berbagai data diri jamaah seperti nomor paspor dan kloter keberangkatan jamaah. Apabila jamaah tersesat, petugas akan meninjau data jamaah dari gelang yang dikenakannya. Kemudian jamaah akan dibawa kembali ke tempat penginapan berdasarkan nomor kloter yang tertera di gelang tersebut. Gelang PPIH ini akan diberikan ketika tiba di Embarkasi Tanah Air.


2. Gelang Maktab

Bukan untuk Aksesoris Biasa, Ternyata Ini Fungsi Gelang Jamaah Haji -  Islamadania

Foto: islamadania.com

Gelang maktab yang diberikan kepada setiap jamaah haji berisikan data-data tentang nomor maktab, nama ketua maktab, dan nomor jamaah yang dapat dihubungi petugas. Gelang ini diberikan kepada jamaah sesampainya di pemondokan Mekkah. Maktab merupakan kantor atau tempat yang mengatur urusan ibadah haji. Indonesia tergabung dalam Muasasah Muthawwifien (Asia Tenggara) di Makkah. Tiap-tiap muasasah dibagi dalam beberapa maktab. Biasanya, setiap maktab mengurusi sekitar 2.000-3.000 orang jamaah haji. Bila satu maktab haji reguler berisi 3.000 orang jamaah, sedangkan maktab untuk jamaah haji khusus hanya sekitar 2.000-2.200 orang.


3. Gelang Kesehatan

Kemenkes : Gelang Penanda Status Kesehatan Jemaah Haji Tak Dipakai Lagi -  Indonesiainside.id

Foto: indonesiainside.com

Gelang Kesehatan merupakan gelang yang khusus diberikan kepada jamaah berusia lanjut. Gelang ini berisikan data-data riwayat Kesehatan jamaah, sehingga petugas dapat dengan mudah memonitor kesehatan jamaah selama penyelenggaran haji. Setiap jamaah akan diamati kesehatannya secara intensif oleh pendamping. Gelang kesehatan ini berbentuk wristband atau smartwatch yang dipakai sebelum keberangkatan haji dari Indonesia. Petugas akan memeriksa setiap jamaah dan mengirimkan hasilnya ke dalam aplikasi bernama Telejemaah.


4. Dokumen Identitas Perjalanan Jamaah

Dokumen ini berisikan data-data pribadi jamaah yang digunakan untuk urusan administrasi selama penyelenggaraan ibadah haji. Dokumen ini biasa akan digunakan oleh petugas pada instansi-instansi terkait baik di Indonesia maupun di Arab Saudi. Data ini juga memuat nama jamaah yang ditempelkan pada paspor.


5. Kartu Alamat Hotel

Kartu ini memuat alamat hotel pemondok kepada petugas Daker Makkah atau siapapun yang dijumpai. Kartu ini akan diberikan setibanya jamaah datang ke hotel masing-masing. Dengan adanya kartu ini, apabila ada jamaah yang tersesat akan dengan mudah dikembalikan ke hotel tempat ia menginap.


6. Kartu Nomor Bus

Kartu nomor bus menunjukan nama terminal, tujuan pemondokan, dan nomor bus yang akan dilintasi oleh jamaah setibanya di Arab Saudi. Jika jamaah terpisah dari rombongan, kartu ini akan memudahkan petugas mengarahkan kembali rute yang tertera pada kartu nomor bus.

Referensi: 6 identitas yang wajib dibawa jamaah hajigelang yang dipakai jamaah haji produk asli Indonesiajamaah haji khusus tempati 8 maktab di arafah


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :