thumbnail

Fakta Seru Masjid Al-Jabbar di Bandung

03 Januari 2023

Sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, tak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki banyak masjid dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk Masjid Al-Jabbar di Bandung.

Progres Pembangunan Masjid Al Jabbar Capai 95 Persen

Foto: Medius News

Masjid rancangan Ridwan Kamil, memiliki banyak fakta menarik yang tidak boleh dilewatkan. Kira-kira fakta menarik apa sajakah dari masjid yang baru diresmikan pada 30 Desember 2022 ini? Yuk simak ulasan berikut!

 

Memiliki Nama Yang Unik

Masjid Al-Jabbar memiliki nama yang memiliki 3 arti. Yang pertama, Al-Jabbar merupakan salah satu dari 99 almaul husna. Al-Jabbar memiliki arti Yang Maha Kuasa, dengan kata lain masjid ini memiliki arti Rumah Yang Maha Kuasa (Allah Taโ€™ala). Arti kedua, Al-Jabbar merupakan nama dari rumus matematika yaitu โ€œAljabarโ€. Masjid ini memang terinspirasi dari rumus matematika tersebut, hal ini dapat dilihat dari bentuk-bentuk bangunan yang memiliki bentuk geometri matematika. Ketiga, Al-Jabbar terdengar seperti kata Jabar yang merupakan singkatan dari Jawa Barat, provinisi dimana masjid ini terletak.

 

Memiliki Luas 99 x 99 Meter Persegi

Masjid Al Jabbar Diresmikan, Jadinya Lebih Megah, Lebihi Imajinasi sang  Arsitek Ridwan Kamil - Tribunjabar.id

Foto: Tribun Jabar

Masjid ini memiliki luas sebesar 99 x 99 meter persegi yang terdiri dari 4 menara masjid. 3 dari 4 menari tersebut memiliki ketinggian 33 meter. Angkat 33 meter ini memiliki makna wirid tasbih 33, hamdalah 33, dan takbir 33. Total 33 menara dikali 3 adalah 99 yang merupakan angka Asmaul Husna.

 

Memiliki Museum Nabi

Ridwan Kamil: Pembangunan Masjid Al Jabbar Rampung 2022

Foto: IDN Times Jabar

Masjid ini memiliki 3 lantai bangunan. Selain dibangun untuk ibadah shalat, lantai pertama masjid ini difungsikan sebagai museum sejarah nabi. Sejarah nabi yang ditampilkan pada museum tersebut adalah sejarah nabi Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Yunus, Nabi Nuh dan Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam.

 

Terapung Diatas Danau Buatan

Masjid ini terlihat sangat indah, karena terlihat seakan-akan terapung diatas sebuah danau. Danau buatan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandung yang setara 15 meter kubik per detik.

 

Destinasi Wisata Religi

Disparbud Jabar: Masjid Al Jabbar Gedebage Bisa Jadi Destinasi Wisata  Religi Baru - Ketik News

Foto: Ketik News

Masjid ini akan menjadi destinasi wisata religi baru di Bandung, Jawa Barat. Masjid ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, ruang belajar, ruang seminar, hingga tempat pelatihan. Masjid Al-Jabbar juga menjadi salah satu masjid di Indonesia yang menerapkan konsep tempat ibadah dan tempat belajar.

Referensi: wisata religi baru di Bandung


2023 momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amalan sholeh๐Ÿ’ช๐Ÿป Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya.

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur:

๐ŸŒผ Donasi di Charity Corner Muslimlife

๐ŸŒผ Asuh Hafidz Muslimlife

๐ŸŒผ Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital, dll


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife๐Ÿคฉ

๐Ÿ“Ž Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

๐Ÿ“Ž Belajarnya praktis๐Ÿ’ช Bisa diakses kapan saja & dimana saja

๐Ÿ“Ž Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan: 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


๐Ÿ™Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin.

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :