thumbnail

3 Doa Yang Baik Dibaca Saat Pergantian Bulan

01 Desember 2022

Tak terasa bulan terus berganti dan kita hampir memasuki bulan terakhir di tahun 2022 ini. Kita patut bersyukur, karena Allah Ta’ala telah memberikan kita umur yang panjang, tubuh yang sehat, serta berbagai rejeki yang lain.  Rasa syukur ini haruslah ditunjukkan dengan melaksanakan ibadah serta hal-hal baik lain yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Kapan Tanggal Merah Desember 2022? Cek di Sini

Photo: Kompas

Sebagai bentuk rasa syukur setiap datang bulan yang baru, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Ta’ala. Selain agar diberikan keselamatan di bulan yang baru,  juga agar Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosa yang lalu.

Adapun bacaan doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

 

اللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ رَبَّنَا وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ

"Allah Maha Besar. Ya Allah, tampakkan hilal (bulan tanggal satu) itu kepada kami dengan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, dan Islam, serta taufik untuk menjalankan apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Rabbku dan Rabbmu (wahai hilal) adalah Allah."

 

Imam Ibn Muflih Al-Maqdisi dalam buku "Al Adab Asy Syar'iyyah" juga menyebutkan versi lain doa pergantian bulan. Doa tersebut adalah:

 

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru)."

 

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

"Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripad aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Sumber: Doa Pergantian Bulan


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :