thumbnail

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

24 November 2022

Indonesia terletak di pertemuan lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia. Pertemuan lempeng-lempeng ini menyebabkan wilayah Indonesia sangat rentan mengalami kejadian gempa bumi.  Gempa-Gempa bumi tersebut dapat terjadi kapan saja dan dengan magnitude yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik kita mempersiapkan diri untuk menghadapi gempa bumi.  Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun rumah atau bangunan yang tahan terhadap gempa, tidak membangun rumah dipinggir tebing, menyiapkan P3K, dan sebagainya. Selain mempersiapkan hal-hal tersebut, sebagai umat Islam kita juga telah diajarkan untuk selalu meminta perlindungan dan pertolongan Allah Ta’ala melalui doa. Dengan berdoa, kita telah menunjukkan bahwa kita hanyalah makhluk biasa di depan Allah Ta’ala. Hanya Allah Ta’ala yang mampu memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita.

Adapun beberapa doa yang dapat dilafalkan ketika gempa bumi terjadi adalah sebagai berikut:

 

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

"Ya Allah, aku memohon kehadiratMu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan." (HR An Nasa'i)

 

Mengapa Gempa Susulan Bisa Berlangsung Berkali-kali?

Photo: Tirto.ID

Doa tersebut dapat dilafalkan ketika gempa bumi sedang terjadi. Selain melafalkan doa tersebut, kita juga bisa membaca doa Nabi Nuh saat memohon kepada Allah Ta’ala untuk diselamatkan dari bencana alam. Adapun lafal doa tersebut sebagai berikut:

 

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepadaMu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi," (QS Hud: 47).

 

Doa lain yang dapat dibaca ketika terjadi gempa bumi atau musibah lainnya yaitu:

 

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه


"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

 

Saat terjadi gempa bumi atau bencana alam yang lain, yang bisa kita lakukan sebagai oleh umat muslim hanyalah memohon dan meminta perlindungan pada Allah Ta’ala melalui bacaan. Selain membaca doa, umat muslim juga dapat berdzikir mengingat Allah Ta’ala saat bencana tengah terjadi.

Sumber: Doa Gempa Bumi

 


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :