thumbnail

Doa Ketika Mendatangi Pernikahan

15 Desember 2022

Menikah merupakan salah satu sunnah rasulullah yang sangat diimpikan oleh setiap manusia. Bagi setiap pasangan, momen menikah merupakan momen mempersatukan dua hati dan dua keluarga. Maka tak ayal, ketika pasangan menikah maka mereka akan mengundang para kerabat dan kolega untuk merasakan momen kebahagian tersebut serta meminta untuk mendoakan pasangan baru tersebut agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Rasulullah pernah bersabda bahwa apabila seseorang menerima undangan pernikahan (walimah), maka wajib hukumnya untuk memenuhi undangan tersebut. Hal ini seperti pada hadist berikut:

 

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari).

 

Nah ketika diundang ke pernikahan seseorang, kira-kira doa apa saja sih yang dapat diamalkan? Yuk simak ulasan berikut!


1. Doa Memohon Keberkahan Bagi Pasangan Pengantin

Keputusan Menikah adalah Otorisasi Pribadi Setiap Orang

Photo: VOI

Tujuan utama kita diundang dalam acara pernikahan adalah untuk mendoakan pasangan pengantin yang baru saja menikah agar mendapatkan keberkahan dari Allah Ta’ala dan menjadi keluarga yang Sakinah, mawaddah dan warrahmah. Adapun doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

“Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud).

 

2. Doa Memohon Keberkahan Bagi Orang Yang Telah Mengundang

Pengantin Sakit, Orangtua Gantikan di Pelaminan, Apakah Sah? : Okezone  Muslim

Photo: Okozone Muslim

Dalam acara pernikahan, setiap tamu akan disuguhkan makanan-makanan yang enak sebagai wujud rasa syukur keluarga pengantin atas pernikahan anggota keluarga mereka. Sebagai tamu sudah tentu untuk menerima dengan baik hidangan yang telah diberikan. Selain itu, sebagai bentuk ucapan terimakasih atas undangan yang telah diberikan, maka hendaknya kita mendoakan orang yang telah mengundang. Adapun doa yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad).

 

Atau bisa juga dengan mengamalkan doa lain sebagai berikut:

 

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim).

 

Itulah doa-doa yang dapat diamalkan ketika kita datang ke acara pernikahan. Doa tidak saja menjadi bukti ketaatan kita kepada Allah Ta’ala namun juga bentuk adab kita sesama manusia yang saling mendoakan satu sama lain.

Sumber: Doa Pesta Pernikahan

 


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :