thumbnail

3 Amalan Doa Istri Untuk Suami Yang Sedang Bekerja Mencari Nafkah

03 Mei 2022

Pilihan untuk menikah merupakan sebuah komitmen penting yang harus dijaga dan dipenuhi oleh suami dan juga istri. Memahami peran dan tanggung jawab masing – masing pihak merupakan salah satu dasar dari kehidupan berkeluarga yang baik dan bahagia. Salah satu tugas utama dari suami adalah bekerja dengan tujuan memenuhi kebutuhan nafkah bagi istri dan keluarganya. Ketika seorang suami sedang menjalankan tugas tersebut maka ada adab yang dianjurkan bagi para istri berupa doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah agar mendapatkan keselamatan dan keberkahan rizqi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Lalu apa sajakah amalan berupa doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah tersebut? Para istri sebaiknya tahu dan menjalankan amalan doa berikut ini.

 

3 Amalan Doa Istri Untuk Suami

inforgrafis doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah
1. Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang

Salah satu doa yang bisa dijadikan amalan oleh seorang istri adalah doa memohon agar suami dan keluarga terhindar dari lilitan hutang selama menjalankan aktivitasnya bekerja. Doa ini juga menjadi bukti dari sikap berbakti istri kepada suaminya yang bekerja mencari nafkah bagi keluarga. Sahabat Muslim bisa melakukan amalan doa ini dengan membaca :


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

"Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal,"

Doa tersebut memiliki arti: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang,".

2. Doa Mendapat Kelimpahan Rizqi yang Baik

Amalan doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah yang juga dapat dilakukan oleh seorang istri adalah mendoakan suami mendapatkan rizqi dari jalan yang halal dan baik, dengan membaca :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

"Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir,".

Doa tersebut memiliki arti: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar diberikan rezeki yang halal, yang luas, yang baik, tanpa kesusahan dan juga tanpa kemelaratan serta tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu,".

3. Doa Agar Suami dan Istri Selamat di Dunia dan Akhirat

Amalan lain yang bisa dilakukan oleh seorang istri yang suaminya sedang bekerja adalah berdoa memohon keselamatan dunia dan akhirat. Doa ini bukan hanya mendoakan suami yang sedang bekerja, akan tetapi juga doa bagi istri agar keduanya medapatkan keselamatan dunia akhirat. Amalan doa ini bisa dilakukan dengan membaca :

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

"Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut, Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab"

Doa tersebut memiliki arti: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut, Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab,".

 

Penutup

Itulah beberapa amalan doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah agar sebuah keluarga mendapatkan rahmat dan barokah dari Allah SWT. Amalan doa tersebut juga bertujuan mengharap agar suami dan istri dimampukan untuk menjalankan peran masing – masing serta mendapatkan keselamatan di dunia dan juga di akhirat kelak.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :