thumbnail

5 Cara Menjaga Hati Sebelum Menikah Agar Tidak Terjerumus Perbuatan Zina

27 April 2022

Setiap orang memiliki pasangannya masing-masing dan jika waktunya sudah tepat serta muncul keyakinan dari dalam diri sendiri, maka biasanya akan melanjutkan ke jenjang pernikahan untuk membuat hubungan menjadi lebih halal dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tentunya agar nantinya jalan menuju pelaminan tersebut menjadi lebih lancar, perlu mengetahui apa saja cara menjaga hati sebelum menikah sehingga bisa menghindari segala bentuk zina yang ada dengan lebih baik dan pernikahan bisa menjadi berjalan dengan lebih lancar. Simak apa saja tips yang perlu untuk dilakukan oleh calon pengantin agar bisa menjaga hati dengan baik sebelum menikah pada pembahasan yang ada di bawah ini.

 

1. Memiliki Niat Kuat untuk Menjalankan Ibadah Kepada Allah SWT

Memiliki Niat Kuat untuk Menjalankan Ibadah Kepada Allah SWT

Salah satu dari cara menjaga hati sebelum menikah pertama yang perlu untuk dipegang kuat dan diperhatikan dengan baik yaitu segala bentuk proses yang dilakukan sampai bisa mencapai tahap pernikahan menjadi bentuk ibadah yang ditujukan kepada Allah SWT. Meluruskan niat ini menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan sebelum menjalankan proses yang lainnya sehingga tujuan yang dimiliki tersebut tidak akan menyimpang dari ajaran yang sudah ada. Di sisi lain, tentunya ingin untuk mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT atas setiap proses yang ada sehingga bisa membawa manfaat dan kebaikan  untuk diri.

 

Menundukkan Pandangan dan Menutup Aurat<

Selanjutnya dari cara menjaga hati sebelum menikah yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan yaitu berkaitan dengan menjaga diri dengan cara yang lebih baik dan menyeluruh, terutama dengan menundukkan pandangan dan menutup aurat yang dimiliki oleh sepasang calon pengantin. Akan lebih baik jika pasangan tersebut tidak banyak mengumbar pandangan serta aurat yang dimiliki kepada orang lain sehingga bisa nantinya menjaga diri dengan lebih baik. Bahkan tidak hanya untuk calon pengantin saja, tetapi bagi yang masih dalam proses menemukan jodohnya, menjaga pandangan serta aurat ini juga penting terhadap orang yang bukan menjadi mahram diri sendiri tersebut.

 

3. Menjalankan Aktivitas Produktif yang Dimiliki dengan Baik

Menjalankan Aktivitas Produktif yang Dimiliki dengan Baik

Mengingat bahwa pernikahan sendiri menjadi sebuah momen yang sudah lama ditunggu, cara menjaga hati sebelum menikah selanjutnya yang perlu untuk dilakukan yaitu dengan tetap menjaga dan menjalankan berbagai kegiatan produktif yang dimiliki. Cara ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan agar bisa menghindari untuk terjebak dalam kemaksiatan dunia yang ada sehingga tetap menjaga fokus dengan baik dan menghindari segala macam kegiatan yang dekat dengan zina. Misalnya seperti berolahraga dengan baik maupun juga membaca buku mengenai keluarga dan parenting yang bisa membawa kebaikan diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya saat memasuki kehidupan berumah tangga nanti.

 

4. Menjauhkan Diri dari Lingkungan yang Memiliki Pergaulan Bebas

Menjauhkan Diri dari Lingkungan yang Memiliki Pergaulan Bebas

Kali ini terdapat cara menjaga hati sebelum menikah yang penting untuk dijadikan sebagai perhatian yaitu dengan menghindarkan diri untuk memasuki atau berada dalam situasi maupun kondisi lingkungan yang memiliki pergaulan bebas di dalamnya. Hal ini dikarenakan lingkungan seperti ini akan mempermudah diri untuk terpengaruh godaan setan yang ada sehingga semakin dekat dengan hal-hal yang berbau zina. Oleh karena itu, agar terhindar dan tidak membuat dosa, maka penting untuk tetap menjaga diri dengan baik dan hanya mengkondisikan diri untuk berada di dalam lingkungan yang sehat serta berisi orang baik.

Baca Juga:
Kenali Perbedaan Taaruf Dan Pacaran Agar Terhindar Dari Maksiat

 

5. Berpuasa Bagi Yang Belum Mampu Menikah

Berpuasa Bagi Yang Belum Mampu Menikah

Bagi Sahabat Muslim yang sudah memiliki kemampuan (fisik, mental dan finansial), maka menyegerakan menikah sangat dianjurkan. Tetapi bagaimana jika belum memiliki kemampuan? Maka Islam memberikan solusi agar tidak terjerumus pada perbuatan zina dengan berpuasa.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi SAW, dari 'Abdullah bin Mas'ud RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

"Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya."
(HR. Bukhari, no. 5065 dan Muslim, no. 1400)

Karena sesungguhnya menikah itu membutuhkan persiapan pra-nikah, baik ilmu, psikologis dan material, maka berpuasa bisa menjadi solusi bagi yang sudah memiliki keinginan menikah tetapi belum mampu melaksanakan syariat menikah.

 

Penutup

Itulah beberapa cara menjaga hati sebelum menikah bagi Sahabat Muslim yang senantiasa dalam masa menunggu dan menjemput jodoh. Semoga tips di atas bermanfaat agar Sahabat Muslim mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa zina.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :